Sukses

Galaxy Note 8 Resmi Meluncur dengan Kamera Ganda dan RAM 6GB

Liputan6.com, New York - Samsung akhirnya menyibak tabir misteri tentang smartphone andalan terbarunya, Galaxy Note 8, dalam ajang Galaxy Unpacked 2017 di Park Avenue Armory, New York, Amerika Serikat, Rabu (23/8/2017) waktu setempat.

Dari berbagai rumor yang sudah menyebar di internet dan diinformasikan oleh banyak media di dunia, nyaris semua rumor tersebut benar apa adanya. 

"Yang tahun kemarin terjadi lupakan saja, dan sampai sekarang masih banyak jutaan pengguna Galaxy Note loyal bersama kami. Jadi, izinkan saya untuk mempersembahkan Galaxy Note terbaru untuk komunitas Galaxy Note di seluruh dunia," ujar DJ Koh, President of Mobile Communication Business Samsung di atas panggung. 

"Hari ini, kami akan melihat kemungkinan yang tak ada ujungnya. 9 dari 10 orang merekomendasikan Galaxy Note. Pen Up adalah komunitas Galaxy Note untuk mengespresikan karya mereka," sambungnya. 

"Galaxy Note 8 adalah smarphone dengan kamera terbaik saat ini serta dilengkapi dengan otentikasi biometrik terbaik, sertifikasi IP68, dan wireless charging," lanjut DJ Koh.  

Ada tiga fitur unggulan di Galaxy Note 8. Apa saja? Pertama adalah ukuran layarnya, yang mana mengadopsi teknologi layar Galaxy S8 dan S8+. Galaxy Note 8 juga hadir dengan layar Infinity Display berukuran 6,3 inci--lebih besar ketimbang Galaxy S8+.

Pun demikian, rasio aspek layar di seri smartphone ini serupa dengan seri Galaxy S8 dan S8+, yakni 18,5:9. Dengan ukuran aspek rasio tersebut, menonton video streaming atau pun menonton konten multimedia lainnya akan lebih puas dan nyaman.

Tak hanya itu, Samsung juga memangkas penggunaan tombol Home, Back, dan Multitasking. Pun demikian, ketiganya tetap dapat diakses secara virtual layaknya seri Galaxy S8 dan S8+.

Serba Dual

Kabar lain yang terwujud kebenarannya adalah teknologi dual camera (kamera ganda), sensor dual pixel, dan dual Optical Image Stabilization (OIS) yang terpasang di kamera utamanya. Di seri ini, Samsung menggunakan dual lensa, yang mana kedua kamera tersebut akan secara aktif mengambil objek foto.

Berkat teknologi Auto Focus (AF) yang diperbarui, kamera depan dan belakang smartphone akan mampu melacak fokus dengan lebik baik tanpa harus takut fokus kamera 'kabur' ke objek lainnya.

Masih dalam hal kamera, Samsung juga hadirkan fitur Selective Focus untuk kamera belakangnya. Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih ingin mengambil fokus--belakang atau depan--sebagai hasil fotonya. Fitur ini dapat digunakan baik sedang akan mengambil foto atau pun sedang preview foto.

Soal resolusi kamera Galaxy Note 8, Samsung menghadirkan kamera depan berukuran 8MP dengan kamera belakang dengan dual kamera yang masing-masing 12MP (satu lensa wide dengan aperture f1.7 dan lensa tele f2.4), dengan kemampuan optical zoom 2x dan digital zoom 10x.

1 dari 3 halaman

Fitur Terbaru

S Pen

Menjadi fitur unggulan dan identik untuk seri smartphone ini, stylus S Pen tampil dengan fitur yang baru dan lebih unggul dari stylus sebelumnya. Bagi pengguna setia Galaxy Note, pasti sudah tidak asing dengan fitur Screen of Memo yang ada di Galaxy Note 5.

Namun sayang, kala itu kemampuannya hanya bisa mengambil satu halaman. Di Galaxy Note 8, perusahaan asal Korea Selatan ini meningkatkan kemampuan Screen of Memo hingga 100 halaman di dalam aplikasi S Note.

Tak hanya itu, S Pen baru ini dapat digunakan langsung bilamana stylus tidak terpasang di slot-nya. Di seri sebelumnya, pengguna harus memasang stylus S Pen tersebut kembali ke dalam slot sebelum S Pen dapat digunakan.

Samsung pun sedikit memoles ujung S Pen agar lebih kecil dan tajam/sensitif sehingga dapat menulis atau menggambar tebal atau tidaknya goresan stylus di layar smartphone.

Perusahaan pun menambahkan kemampuan untuk menerjemahkan satu kalimat sekaligus. Sebelumnya, fitur serupa juga hadir di Galaxy Note 7. Sayang, fitur tersebut hanya mampu menerjemahkan tulisan per kata.

Apps Pair

Tak hanya mengalami peningkatan dalam kemampuan layar dan stylus, Samsung juga menghadirkan deretan aplikasi baru di dalam Galaxy Note 8. Satu aplikasi yang menjadi unggulan adalah aplikasi Pair.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dua aplikasi sekaligus yang sudah dipasangkan secara manual. Saat aplikasi pasangan tersebut dibuka, maka akan muncul dengan tampilan split screen.

Ambil contoh saat pengguna membuka aplikasi yang berpasangan, seperti Google Maps dan Instagram yang sebelumnya sudah dipasangkan. Saat salah satu aplikasi dibuka, maka kedua aplikasi akan muncul secara bersamaan dengan tampilan terpisah.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Lengkap

Live Message

Fitur baru yang Samsung perkenalkan di Galaxy Note 8 untuk mendukung kemampuan S Pen adalah Live Message. Dapat ditemukan di dalam Air Command, pengguna Galaxy Note 8 dapat mengirim pesan--tulisan atau gambar--yang akan berubah menjadi GIF.

Sayang, fitur ini hanya bisa aktif bilamana lawan bicara memiliki smartphone yang sudah mendukung GIF di deretan aplikasi messaging-nya.

Sebagai tambahan, Samsung juga menambah jumlah fitur di Air Command dari hanya 6 menjadi 10.

Spesifikasi 

Untuk mendukung mobilitas dan kreativitas penggunanya, Galaxy Note 8 ditopang prosesor Exynos 8895, RAM 6GB, dan memori internal 64GB, 128GB, dan 256GB. 

Di seri ini Samsung juga memperkenalkan asisten virtual Bixby ke dalam Galaxy Note 8. Sudah terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lainnya, pengguna bisa memberi instruksi via suara ke Bixby ketika sedang menggunakan aplikasi tertentu.

Bixby merupakan gabungan antara Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dengan keseluruhan sistem dan Application Programming Interface (API) yang terbuka untuk pengembangan pihak ketiga.

(Ysl/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Resmi, Galaxy Note 8 Dibanderol Rp 13 Juta di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Adu Kamera Xiaomi Mi A1 vs Galaxy Note 8, Lebih Kece Mana?