Sukses

5 Fitur Andalan Samsung Galaxy Note 8

Liputan6.com, New York - Seperti diwartakan sebelumnya, Samsung Galaxy Note 8 resmi diperkenalkan lewat gelaran Samsung Galaxy Unpacked di Park Avenue Armory, New York, Amerika Serikat (AS), Rabu (23/8/2017) waktu setempat.

Beruntung, Tekno Liputan6.com yang juga ada di gelaran bergengsi ini turut menjadi saksi kelahiran Galaxy Note 8.

Secara fisik, desain smartphone hadir berbeda dengan pendahulunya, Galaxy Note 7. Samsung juga mengklaim Galaxy Note 8 hadir dengan sejumlah fitur dan peningkatan hardware serta performa.

Samsung Galaxy Note 8 memboyong sejumlah fitur andalan yang diprediksi bisa menjadi daya jual terkuatnya. Apa saja? Berikut 5 (lima) fitur terbaiknya.

1. Kamera Serba Dual

Salah satu perubahan drastis yang diusung Samsung pada Galaxy Note 8 adalah kamera ganda. Kamera utamanya dipersenjatai teknologi dual camera (kamera ganda), sensor dual pixel, dan dual Optical Image Stabilization (OIS).

Di seri ini juga, Samsung menggunakan dual lensa, yang mana kedua kamera tersebut akan secara aktif mengambil objek foto.

Berkat teknologi Auto Focus (AF) yang diperbarui, kamera depan dan belakang smartphone akan mampu melacak fokus dengan lebik baik tanpa harus takut fokus kamera 'kabur' ke objek lainnya.

Masih dalam hal kamera, Samsung juga menghadirkan fitur Selective Focus untuk kamera belakangnya. Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih ingin mengambil fokus--belakang atau depan--sebagai hasil fotonya. Fitur ini dapat digunakan baik ketika akan mengambil foto atau pun sedang preview foto.

Soal resolusi kamera Galaxy Note 8, Samsung menghadirkan kamera depan berukuran 8MP dengan kamera belakang ganda yang masing-masing 12MP (satu lensa wide dengan aperture f1.7 dan lensa tele f2.4), berkemampuan optical zoom 2x dan digital zoom 10x.

1 dari 5 halaman

2. Layar Infinity Display

Konsisten dengan teknologi Infinity Display yang diusung pada Samsung Galaxy S8 dan S8+, Galaxy Note 8 pun mengusung teknologi layar serupa.

Bedanya--karena termasuk dalam lini seri Galaxy Note--smartphone ini hadir dengan Infinity Display yang lebih besar, yakni 6,3 inci. Layar tersebut diklaim lebih besar ketimbang Galaxy S8+.

Pun demikian, rasio aspek layar di seri smartphone ini serupa dengan seri Galaxy S8 dan S8+, yakni 18,5:9. Dengan ukuran aspek rasio tersebut, menonton video streaming atau pun menonton konten multimedia lainnya akan lebih puas dan nyaman.

Tak cuma itu, Samsung juga memangkas penggunaan tombol Home, Back, dan Multitasking. Pun demikian, ketiganya tetap dapat diakses secara virtual layaknya seri Galaxy S8 dan S8+.

2 dari 5 halaman

3. S Spen

Bukan Galaxy Note namanya jika hadir tanpa S Pen. S Pen pada Galaxy Note 8 kali ini menjadi fitur unggulan dan identik, stylus S Pen tampil dengan fitur yang baru dan lebih unggul dari stylus sebelumnya.

Bagi pengguna setia Galaxy Note, pasti sudah tidak asing dengan fitur Screen of Memo yang ada di Galaxy Note 5.

Namun sayang, kala itu kemampuannya hanya bisa mengambil satu halaman. Di Galaxy Note 8, perusahaan asal Korea Selatan ini meningkatkan kemampuan Screen of Memo hingga 100 halaman di dalam aplikasi S Note.

Tak hanya itu, S Pen baru ini dapat digunakan langsung bilamana stylus tidak terpasang di slot-nya. Di seri sebelumnya, pengguna harus memasang stylus S Pen tersebut kembali ke dalam slot sebelum S Pen dapat digunakan.

3 dari 5 halaman

4. Apps Pair

Tak hanya mengalami peningkatan dalam kemampuan layar dan stylus, Samsung juga menghadirkan deretan aplikasi baru di dalam Galaxy Note 8. Satu aplikasi yang menjadi unggulan adalah aplikasi Pair.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengaktifkan dua aplikasi sekaligus yang sudah dipasangkan secara manual. Saat aplikasi pasangan tersebut dibuka, maka akan muncul dengan tampilan split screen.

Ambil contoh saat pengguna membuka aplikasi yang berpasangan, seperti Google Maps dan Instagram yang sebelumnya sudah dipasangkan. Saat salah satu aplikasi dibuka, maka kedua aplikasi akan muncul secara bersamaan dengan tampilan terpisah.

4 dari 5 halaman

5. Off Screen Memo dan Live Message

Fitur Off Screen Memo yang ada di Galaxy Note 8 pun diperbarui. Fitur ini memungkinkan pengguna mencatat meski dalam kondisi layar Galaxy Note mati.

Kali ini memudahkan pengguna bisa menyimpan catatan hingga 100 halaman. Pengguna pun bisa memakai fitur ini dalam situasi jika S Pen tidak dipasang.

Fitur baru yang Samsung perkenalkan di Galaxy Note 8 untuk mendukung kemampuan S Pen adalah Live Message. Dapat ditemukan di dalam Air Command, pengguna Galaxy Note 8 dapat mengirim pesan--tulisan atau gambar--yang akan berubah menjadi GIF.

Sayang, fitur ini hanya bisa aktif bilamana lawan bicara memiliki smartphone yang sudah mendukung GIF di deretan aplikasi messaging-nya.

Sebagai tambahan, Samsung juga menambah jumlah fitur di Air Command dari hanya 6 menjadi 10.

(Ysl/Jek/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Resmi, Galaxy Note 8 Dibanderol Rp 13 Juta di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Teaser Galaxy C8 Ungkap Kehadiran Dual Kamera Belakang