Sukses

Indosat Ooredoo IDByte 2017 Kembali Digelar Bulan Depan

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo IDByte 2017, gelaran digital yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, resmi dimulai.

Mengusung tema Connected, acara ini mendapat dukungan penuh dari Indosat Ooredoo, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), serta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Untuk tahun keempat digelarnya acara ini, Indosat Ooredoo IDByte 2017 akan menghadirkan serangkaian acara, seperti Virtual Startup Hunts, Bubu Awards v.10, Pameran 'Indonesia Tech Giants', termasuk seminar dan konferensi.

Acara ini diselenggarakan pada 26 hingga 28 September 2017 di Pacific Place, Jakata. Sejumlah pembicara dari berbagai perusahaan teknologi dan instansi ternama akan hadir di gelaran ini, seperti Go-Jek, Indosat Ooredoo, Instagram, LinkedIn, dan Harvard Business School Angels Alumni.

Tema Connected dipilih untuk memahami kaitan teknologi digital dan masyarakat sekarang ini. Salah satu yang menjadi perhatian adalah pola perilaku Generasi C atau Gen C dalam mengonsumsi konten.

Sebagai informasi, Gen C merupakan istilah yang merujuk pada kelompok psikografis berdasarkan konsumsi konten. Kelompok ini cenderung menunjukkan karakteristik creation, curation, connection, dan community, tanpa terbatas rentang usia.

Karena itu, Bubu.com bekerja sama dengan MARS Indonesia tengah melakukan penelitian tentang Gen C di Indonesia. Menurut rencana, penelitian ini akan diluncurkan pada Konferensi Indosat Ooredoo IDByte 2017.

"Kami selalu senang mendukung IDByte dari tahun ke tahun, yang ikut mendorong tumbuhnya bisnis berbasis digital dan teknologi. Terutama dengan melakukan penelitian mengenai Gen C tersebut dapat membesarkan e-Commerce di Indonesia," ujar Dirjen Aplikasi Informatika KemkominfoSemuel A Pangerapan.

Senada dengan Semuel, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Deva Rachman menuturkan pihaknya bangga dapat menjadi bagian dari perhelatan IDByte tahun ini. Sebab, sejalan dengan visi Indosat Ooredoo di usia 50 tahun untuk berkomitmen mewujudkan Indonesia Digital Nation.

"Maraknya perkembangan digital di Indonesia yang juga banyak dimanfaatkan oleh Generasi C, mendorong kami untuk selalu berinovasi menghadirkan layanan telekomunikasi sesuai kebutuhan pelanggan dan mengedukasi mereka agar selalu bijak menggunakan teknologi," tuturnya.

1 dari 2 halaman

Dimulai dengan Virtual Startup Hunt

Sebagai bagian dari gelaran ini, Virtual Startup Hunt akan lebih dulu dilaksanakan pada 5 dan 6 September 2017. Ajang ini digelar serentak di lima kota, yakni Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan.

Virtual Startup Hunt memberikan kesempatan para inkubator mengirimkan talenta startup terbaik mereka agar dapat menunjukkan kreativitasnya secara virtual lewat video conference.

Sistem pendaftaran dan penjurian dilakukan seluruhnya secara virtual. Final kompetisi ini akan digelar pada 25 September 2017 dan pemenangnya akan diumumkan sebagai Best Startup pada Bubu Awards v.10.

"Melalui Indosat Ooredoo IDByte 2017, kami memberi wadah bertukar dengan hadirnya pembicara internasional dengan mengangkat hal baru yaitu Gen-C, yang memberi impact baru bagi ekonomi," ujar Founder Bubu.com dan IDByte Shinta Dhanuwardoyo dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (24/8/2017).

Adapun konferensi dan malam penganugerahan Bubu Awards v.10 akan diselenggarakan pada 28 September 2017 di Ritz Carlton Ballroom, Pacific Place, Jakarta.

Untuk sekarang, penghargaan yang ditujukan bagi talenta terbaik di dunia digital ini akan diberikan untuk lima kategori, yakni Best Startup Award, Best Website Award, Best Brand Engagement in Digital, Best Digital Tech Business, dan Best Digital Talents.

(Dam/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Plug and Play Indonesia Temui Gubernur Djarot, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
Garena Helat Turnamen Arena of Valor Berhadiah Rp 7 Miliar