Sukses

Google Assistant Bisa Bicara Bahasa Indonesia di Aplikasi Allo

Liputan6.com, Jakarta - a Pengguna aplikasi chatting Google Allo kini bisa mengajak bicara Google Assistant dalam bahasa Indonesia. Hal ini diumumkan langsung oleh Product Lead Google Allo, Adam Rodriguez.

Ia mengatakan, pengguna bisa menambahkan Google Assistant ke dalam percakapan grup atau percakapan pribadi untuk menanyakan hal apa pun. Misalnya, mencari restoran baru, memeriksa skor sepak bola, dan bermain gim dengan teman.

Lantas, bagaimana kemampuan Google Assistant mengenali dialek bahasa Indonesia yang berbeda-beda di setiap pengguna?

Rodriguez mengungkap, Google membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembangkan Google Assistant. Demikian juga saat mengembangkannya dalam versi bahasa Indonesia. Ia mengakui, dalam pengembangannya, Google melibatkan cukup banyak penutur bahasa Indonesia dengan berbagai aksen dan dialek.

"Kami tidak sekadar menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, tetapi juga memasukkan unsur lokal agar bisa lebih bagus dan natural. Di dalamnya ada tim suara dengan dialek berbeda-berbeda," kata Rodriguez di acara Google For Indonesia yang digelar di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Menurutnya, kemampuan Google Assistant mengenali dialek Indonesia terus berkembang lantaran mengingat asisten virtual ini berbasis machine learning. "Seiring banyak dipakai, Google Assistant akan belajar menjadi lebih pintar," tuturnya.

Adapun, fitur ini dirilis untuk memudahkan pengguna berkomunikasi dengan asisten virtual di aplikasi Allo. Sebab, menurut Google, jumlah orang Indonesia yang menggunakan Google Assistant terus meningkat.

1 dari 2 halaman

Cara Berkomunikasi

Head of Product Communication Google Indonesia Putri Silalahi menambahkan, "Saat ini cara orang saat memakai aplikasi chatting mulai berubah, dari teks menjadi emoji, stiker, dan lain-lain.

Jadi, dengan asisten virtual berbahasa Indonesia di Google Allo, orang bisa browsing di Google tanpa ke luar aplikasi lalu mencari dan kemudian buka aplikasi lagi, tapi langsung di Google Allo.

Bila kamu ingin mengobrol dalam bahasa Indonesia dengan Google Assistant, kamu hanya perlu mengunduh Google Allo di smartphone kemudian akan muncul Google Assistant.

Jangan lupa untuk mengubah pengaturan bahasa ke Indonesia agar bisa diajak bicara dengan bahasa Indonesia. Kamu bisa langsung bisa mengobrol dengan bahasa Indonesia.

(Tin/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
5 Asisten Virtual Paling Populer Saat Ini
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik