Sukses

Google Rayakan Ultah ke-118 James Wong Howe, Siapa Dia?

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna internet, jika kamu membuka laman muka pencarian Google hari ini, kamu akan melihat sosok pria necis dengan jas, dasi, dan lengkap dengan topi.

Rupanya jika kursor mouse diarahkan doodle tersebut, tampak Google sedang merayakan ulang tahun ke-118 pria bernama James Wong Howe itu. Siapa dia?

Mengutip keterangan Google Doodle, Senin (28/8/2017), Howe adalah seorang sinematografer Tionghoa-Amerika yang terkenal dengan teknik pembuatan filmnya yang inovatif.

Ia merupakan seorang master dalam penggunaan bayangan dalam produksi film dan salah satu orang pertama yang memakai sinematografi fokus mendalam. Howe mendedikasikan hidupnya untuk karya seni. Terbukti total karyanya sudah lebih dari 130 film.

Howe lahir di Guangzhou, Tiongkok, 28 Agustus 1899. Ia berimigrasi ke AS pada usia 5 tahun dan dibesarkan di negara bagian Washington.

Ia sempat bekerja serabutan hingga akhirnya memulai di industri film dengan pekerjaan ringan, seperti mengantarkan film atau memunguti potongan pita film di studio.

Sepanjang kariernya di dunia perfilman, ia menggunakan pencahayaan, pembingkaian, dan gerakan kamera minimal untuk mengekspresikan emosi filmnya. Bahkan, secara tak sengaja ia menemukan cara menggunakan latar belakang gelap untuk menciptakan nuansa warna dalam film hitam-putih.

James Wong Howe (Sumber: Wikipedia)

Ia juga mempelopori penggunaan lensa wide-angle, pencahayaan redup, dan pencahayaan warna dalam film. Howe juga memanfaatkan kamera dengan empat roda dan lengan bergerak untuk mendukung perekaman film.

Meski berkarya dalam pembuatan film, Howe ternyata menghadapi diskriminasi rasial dalam kehidupan pribadinya. Ia baru menjadi warga negara AS setelah pencabutan UU Ekslusi Tionghoa. Bahkan, karena UU anti-pernikahan beda rasial, pernikahannya tak diakui secara hukum hingga tahun 1948.

Dengan berbagai kendala yang dihadapi, Howe berhasil mendapatkan dua piala Oscar, penghargaan film Amerika, untuk film The Rose Tatto (1955) dan Hud (1963). Ia diakui sebagai salah satu sinematografer paling terkenal di masanya.

Bahkan, ia dianggap sebagai satu dari 10 sinematografer paling berpengaruh. Howe meninggal dunia di Hollywod, California, 12 Juli 1976, pada usia 76 tahun.

(Tin/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Ucapkan Selamat Ultah, Michelle Obama Berdandan ala Beyonce
Artikel Selanjutnya
Mengintip Momen Manis Bos Facebook Bersama Buah Hati