Sukses

Top 3: Kiprah Vendor Smartphone Lokal di Indonesia Paling Hits

Artikel yang membahas beberapa merek ponsel Tiongkok mulai merangsek masuk di pasar Indonesia, membuat pembaca penasaran.

Liputan6.com, Jakarta - Artikel yang membahas beberapa merek ponsel Tiongkok mulai merangsek masuk di pasar Indonesia membuat para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com terkejut.

Berita lain yang tak kalah menarik datang dari kabar Galaxy J7+ akan menjadi smartphone kedua Samsung yang usung lensa ganda, dan penjelasan Telkom terkait gangguan satelit sehingga menyebabkan ATM offline.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut.

1. HEADLINE: Smartphone Tiongkok Menggurita, Vendor Lokal Terjepit?

Satu dekade lalu, pasar ponsel Tanah Air begitu semarak, Nokia masih menjadi salah satu merek ponsel (bukan smartphone) yang paling banyak dicari, diikuti Sony (sebelumnya Sony Ericsson), Samsung, dan Motorola. Ponsel lokal pun tak mau ketinggalan, sebut saja Nexian, Evercoss, Advan, dan Mito yang menyasar kelas low-end.

Pada 2006, pasar ponsel low-end menguasai sekitar 49 persen pangsa pasar, dan pada 2007 naik menjadi 55 persen. Namun, langkah mereka kian sempit ketika pada akhir 2008, merek ponsel Tiongkok mulai merangsek masuk. Beberapa di antaranya adalah Huawei, ZTE, K-Touch, Haier, HiSense, Beyond, CSL Blueberry, dan lainnya.

Ponsel Tiongkok cukup laris manis di pasaran, terlebih banyak operator seluler yang melakukan strategi penjualan ponsel dengan sistem bundling. Tak hanya itu, kehadiran ponsel Tiongkok juga semakin deras pada 2008.

Selengkapnya baca di sini

2. Samsung Bakal Benamkan Lensa Ganda di Galaxy J7+?

Samsung baru saja memperkenalkan smartphone perdananya yang memiliki lensa ganda, yakni Galaxy Note 8. Namun, kabar terbaru menyebut perusahaan asal Korea Selatan itu dilaporkan akan meluncurkan perangkat dengan sistem kamera serupa.

Berbeda dari Galaxy Note 8 yang merupakan perangkat premium, smartphone kedua dari Samsung berlensa ganda kedua ini adalah perangkat kelas menengah. Menurut laporan, perangkat tersebut sudah siap dipasarkan di Thailand.

Dikutip dari NDTV, Minggu (27/8/2017), smartphone itu masuk ke dalam seri Galaxy J, yaitu Galaxy J7+. Perangkat ini memiliki dua lensa di kamera utamanya yang disusun secara vertikal.

Selengkapnya baca di sini

3. Penjelasan Telkom Soal Gangguan Satelit yang Sebabkan ATM Offline

Operasional ribuan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik sejumlah bank nasional, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA mengalami offline pada Jumat dan Sabtu (25-26 Agustus 2017).

Hal ini disebabkan karena terjadinya anomali pada satelit milik Telkom. Atas masalah ini, Telkom pun dalam pernyataan resminya menjelaskan, pada hari Jumat sekitar pukul 16.51 WIB, telah terjadi anomali pada satelit Telkom 1.

"Anomali pada satelit Telkom 1 berakibat pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1 sehingga semua layanan transponder satelit Telkom 1 terganggu," demikian penjelasan Telkom dalam keterangan yang dirilis, Sabtu (26/8/2017).

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Tonton video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.