Sukses

Luar Biasa, Gim Ini Bisa Dimainkan dengan Pikiran

Liputan6.com, Jakarta - Tak perlu joystick atau gamepad, di gim ini kamu bisa menggerakkan dan berinteraksi dengan berbagai macam benda di dalam gim hanya melalui pikiran kamu.

Hal inilah yang sedang dikembangkan oleh perusahaan startup kecil bernama Neurable. Baru-baru ini, perusahaan rintisan Ramses Alcaide, seorang insinyur listrik dan ahli syaraf ini mengembangkan gim yang berjudul Awakening.

Agar gim ini dapat bekerja, perusahaan menggabungkan kacamata VR buatan HTC dan sensor Electroencephalogram (EEG) di tujuh titik tertentu di kepala. Sensor ini akan berfungsi untuk membaca gelombang otak pengguna.

Sensor EEG membantu pengguna untuk melakukan aktivitas di dalam gim. Semisalnya saat ingin mengambil bola, pengguna harus fokus mengambil bola dengan pikiran.

Jika sudah fokus, nanti akan ada cahaya-cahaya kecil yang muncul. Jika cahayanya mengenai bola, artinya sensor sudah mengerti maksud kita untuk mengambil bola. Meski begitu, fitur ini masih dalam tahap pengembangan.

Meski terbilang baru, teknologi ini cukup menjanjikan di masa depan. Pasalnya, pemerintah Amerika Serikat dan beberapa perusahaan besar sedang menginvestasikan modal mereka untuk pengembangan teknologi semacam ini.

Bahkan Facebook sedang mencari cara untuk memanfaatkan VR dengan lebih canggih, seperti mengetik di smartphone melalui pikiran.

(Theofilus Ifan Sucipto/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Terus Membalap, Rossi Ogah Disebut Tua
Artikel Selanjutnya
Studi: Main Video Game Saat Kerja Tambah Produktivitas