Sukses

3 Startup Penyedia Layanan Kurban Online

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya zakat dan infak, kini kurban pun bisa dilakukan secara online. Hal ini terselenggara berkat kerja sama startup company dengan lembaga nirlaba yang bergerak di bidang zakat, infak, dan sedekah.

Menjelang Hari Raya Idul Adha, ketika umat Islam menyembelih hewan kurban, tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba melaksanakan kurban dengan memanfaatkan layanan tersebut.

Selain praktis, pembagian daging kurban melalui lembaga nirlaba bisa dibilang merata dan mampu menjangkau pelosok Indonesia.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini layanan kurban online yang bisa kamu coba.

1. Bukalapak

Bermitra dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Dhuafa, PKPU, dan Rumah Zakat, Bukalapak menawarkan hewan kurban dari peternak lokal. Di Bukalapak, berat kambing > 25kg, sapi > 220kg, dan unta 300 kg.

Distribusi hewan kurban di Bukalapak tidak hanya di Indonesia kepada fakir miskin, kaum dhuafa, dan anak yatim, tetapi juga termasuk daerah gizi buruk, daerah bencana alam, dan daerah konflik di luar negeri seperti Jalur Gaza.

Bukalapak akn memberikan informasi seputar pemotongan dan distribusi serta sertifikat dan foto hewan kurban.

1 dari 2 halaman

Startup penyedia layanan kurban online

2. Tokopedia

Tokopedia menggandeng ACT, Al Azhar, Baznas, Dompet Dhuafa, NU Care, PKPU dan Rumah Zakat untuk layanan kurban online. Tentunya semua lembaga tersebut memiliki daya jangkau luas kepada mereka yang berhak mendapatkan daging kurban.

Setelah transaksi pembelian hewan kurban berhasil, kita akan mendapat pengembalian ongkos kirim dan pemberian voucher belanja Tokopedia senilai Rp 50.000 serta Thank You Card.

3. Angon

Salah satu startup binaan Indigo di bawah naungan Telkom, Angon, juga menyediakan layanan kurban online. Sejatinya Angon merupakan startup yang menawarkan investasi hewan ternak, dengan return of investment (ROI) sekira 5-10 persen dalam tiga bulan.

Hewan ternak di Angon akan dikurbankan dan didistribusikan ke yayasan-yayasan rekanan Angon. Layanan hewan kurban ini bisa diakses di menu Semarak Qurban.

Selain Bukalapak, Tokopedia, dan Angon, ada pula penyedia layanan kurban lainnya seperti Muslimarket, Blanja, Vestifarm, dan KinerjaPay. Lembaga nirlaba yang bermitra dengan keempat layanan tersebut juga tidak jauh berbeda dari lembaga nirlaba yang bekerja sama dengan Bukalapak, Tokopedia, dan Angon.

Nah, itu saja daftar penyedia layanan kurban online. Kamu sudah memutuskan untuk kurban di mana?

(Why/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Telkomsel Hadirkan Platform Iklan untuk Segmen UKM
Artikel Selanjutnya
Ubah Model Bisnis, Startup Lokal Qiscus Hadir dengan Wajah Baru