Sukses

Polisi New York Ganti 36 Ribu Unit Windows Phone dengan iPhone

Kepolisian New York City terpaksa mengganti 36 ribu unit Windows Phone dengan iPhone. Apa alasannya?

Liputan6.com, New York - Fakta paling 'pahit' yang dialami Microsoft saat ini mungkin adalah Windows Phone. Ya, seperti diketahui smartphone besutan Windows tersebut sudah tak lagi mendapat dukungan utuh.

Sistem operasi Windows Phone 8.1 misalnya, sudah dihentikan oleh Microsoft sejak Juli 2017. Dengan kata lain, Windows Phone sudah dianggap usang.

Anggapan Windows Phone menjadi smartphone kuno dibuktikan oleh kepolisian New York City (NYPD, New York City Police Department) belum lama ini.

Menurut informasi yang disampaikan Ubergizmo, Selasa (29/8/2017), kepolisan New York City akan mengganti sekitar 36.000 unit Windows Phone yang digunakan karyawannya dengan iPhone. Alasannya, Windows Phone yang digunakan berjalan dengan sistem operasi Windows Phone 8.1 yang sudah tak lagi didukung.

Keputusan NYPD mengganti Windows Phone dengan iPhone dianggap karyawan kurang bijak. Sebab, sejumlah perangkat Windows Phone seperti Nokia Lumia 830 dan Lumia 640 XL masih mengusung fitur khusus NYPD, seperti aplikasi 911, aplikasi kasus manajemen, dan aplikasi khusus penugasan investigasi.

Adapun NYPD belum mengungkap seri iPhone apa yang akan menggantikan Windows Phone. Menurut sumber internal, mereka akan mengganti Windows Phone karyawannya dengan iPhone 8, mengingat budget smartphone per karyawan masing-masing dilego di atas US$ 1.000 (setara dengan Rp 13 jutaan).

Meski Windows Phone terseok-seok, Microsoft tetap mendorong pengguna Windows Phone 8.1 memperbarui perangkatnya ke Windows 10 Mobile.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upgrade Advisor

Salah satunya menggunakan Upgrade Advisor untuk membantu pengguna mengetahui, apakah perangkatnya kompatibel dengan sistem operasi anyar itu.

Informasi mengenai dukungan Microsoft untuk Windows Phone 8.1 memang sudah diketahui dari jadwal siklus sistem operasi tersebut. Perusahaan menjanjikan akan memberikan dukungan sistem operasi, termasuk keamanan selama 36 bulan setelah diperkenalkan.

Meski sudah resmi, belum dapat dipastikan apakah Microsoft akan memberi waktu tambahan bagi pengguna Windows Phone 8.1 untuk beralih ke Windows 10 Mobile. Selain itu, tak tertutup kemungkinan perusahaan akan merilis pembaruan untuk situasi tertentu.

Sebagai informasi, Windows Phone 8.1 pertama kali diluncurkan pada 2014. Beberapa fitur yang rilis bersamaan sistem operasi ini di antaranya adalah Live Tiles, keyboard World Flow, aplikasi Office terbaru, termasuk Cortana (asisten virtual Microsoft).

Sejak merilis Windows 10, Microsoft mengusung unifikasi pada sistem operasinya. Jadi, pengalaman menjalankan Windows 10 tetap sama meski memakai perangkat berbeda.

(Jek/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.