Sukses

ESET Ungkap Malware Baru yang Incar Gamer Indonesia

Sebuah malware baru kedapatan menyebar dan menginfeksi komputer gamer di seluruh negara.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam laporan terbarunya, perusahaan keamanan ESET mengungkap sebuah malware baru yang proses penyebarannya melalui gim komputer yang diluncurkan oleh beberapa laman web tak resmi.

Malware bernama Joao ini menyamarkan diri dan menyebar dengan bersembunyi di dalam gim Massively Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPG) buatan Aeria Games, dan mengunggah versi modifikasi gim tersebut di situs-situs tak resmi.

Melalui keterangan resminya, Kamis (31/8/2017), gim yang telah terinfeksi Joao dimodifikasi untuk menjalankan komponen utama malware, yaitu library mskdbe.dll.

Ketika gamer menginstal gim ini di komputer atau laptopnya, secara otomatis Joao akan ikut terpasang. Saat dijalankan, downloader Joao akan mengirimkan informasi tentang komputer yang diinfeksi, mulai dari nama komputer, versi OS hingga mengambil alih hak admin pengguna ke server pelaku.

Tak hanya mencuri dan mengambil alih PC atau laptop korban, pelaku juga dapat menyisipkan komponen berbahaya yang memiliki kemampuan berbahaya lain, seperti backdoor, mata-mata, dan DdoS.

Diketahui, laman web yang beralamat gf.ignitgames [.]to aktif menyebarkan malware Joao. Untungnya, saat ini beberapa produk keamanan milik ESET sudah memblokir laman web tersebut.

(Ysl/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.