Sukses

Begini Cara Cegah PC Gim Terinfeksi Malware Joao

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini ESET mengungkap temuan barunya yang menyebutkan sebuah malware jenis baru mengancam gamer di dunia, khususnya Indonesia.

Diketahui, Indonesia termasuk salah satu negara yang terinfeksi paling parah. Dengan jumlah gamer mencapai angka 43,7 juta pemain di 2017, wajar jika malware Joao menyebar dengan cepat di Indonesia.

"Hal ini terjadi karena banyaknya pemain yang menggunakan gim bajakan dan mengunduh file dari sembarang tempat, tetapi juga akibat kurangnya kesadaran pengguna tentang pentingnya keamanan siber," ungkap Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia.

Menurutnya, banyaknya anggapan antivirus dapat memperlambat akses gim, turut menjadi andil gamer menonaktifkan antivirus saat bermain. Ia menambahkan, saat ini sudah ada modus gamer (Gamers Mode) yang tidak akan memberatkan kinerja komputer atau menurunkan kemampuannya.

Untuk membantu gamer di Tanah Air, Yudhi mengungkap beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengecek apakah komputer kamu terinfeksi malware Joao atau belum.

Kamu dapat melakukan pencarian terhadap file yang bernama "mskdbe.dll". Jika dari hasil pencarian ditemukan file tersebut, kemungkinan besar komputer telah terinfeksi oleh malware Joao.

Jika tidak ditemukan, bukan berarti otomatis telah terbebas dari malware spionase ini. Ada kemungkinan pelaku mengganti nama file. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan antivirus yang dilengkapi Gamers Mode serta komprehensif untuk serangan lain, seperti ransomware.

1 dari 2 halaman

Tips Tangkal Malware Joao

Untuk terhindar dari serangan malware dan dapat bermain gim tanpa harus takut terinfeksi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Pastikan kamu mengunduh gim dari sumber resmi, seperti situs resmi gim yang asli. Serangan melalui gim MMORPG hanya sebagian kecil dari yang tersembunyi di bawah tautan unduhan di ribuan situs dan forum tidak resmi yang mendistribusikan gim terkontaminasi.

2. Selalu lakukan update OS serta gim karena mungkin memiliki kerentanan yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan.

3. Gunakan solusi keamanan yang andal dan memiliki fungsi Gamers Mode dan pastikan selalu aktif saat sedang bermain gim, karena kita tidak tahu kapan ancaman datang menyerang, sedia payung sebelum hujan merupakan langkah terbaik yang bisa membuat kita terhindar dari bahaya siber saat bemain gim.

4. Pastikan antivirus yang digunakan super ringan agar keasyikan bermain gim bisa optimal.

(Ysl/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips Lindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya
Artikel Selanjutnya
ESET Ungkap Malware Baru yang Incar Gamer Indonesia