Sukses

Lepas Elevenia, XL Masih Punya Bisnis Digital Lain

Meski telah menjual seluruh saham e-Commerce Elevenia, XL masih belum sepenuhnya menyerah terhadap bisnis digital.

Liputan6.com, Jakarta - Meski telah menjual seluruh saham e-Commerce Elevenia, XL masih belum sepenuhnya menyerah terhadap bisnis digital. Menurut CEO XL Axiata, Dian Siswarini, XL masih memiliki bisnis digital lain yang dipertahankan.

"Sekarang yang masih ada itu digital entertainment, digital advertising, dan digital money. Tiga hal itu masih berjalan, tapi nanti akan bekerja lebih banyak dengan grup Axiata," kata Dian ditemui usai peluncuran Gerakan Donasi Kuota, di Kantor XL, Selasa (29/8/2017).

Sekadar informasi, beberapa bisnis digital yang masih dimiliki XL antara lain digital entertainment Tribe dan Yonder, digital advertising M-Ads, dan digital money (XL Tunai).

Dijelaskan Dian, dengan dilepasnya Elevenia ke PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd, XL akan lebih fokus mengembangkan bisnis intinya di bidang telko. Termasuk hasil pelepasan saham Elevenia pun akan digunakan untuk bisnis inti telekomunikasi.

"Duitnya akan dipakai buat infrastruktur seperti LTE hingga buat program ini (Gerakan Donasi Kuota) yang lebih banyak lagi. Sekarang kita fokus di core business atau digital bisnis yang sinerginya dekat dengan core, misalnya entertainment kan lumayan dekat karena berkaitan dengan konten," katanya.

Sekadar diketahui, sebelumnya XL melepas Elevenia lantaran persaingan dengan berbagai pelaku e-Commerce global yang masuk ke Indonesia, termasuk yang berinvestasi ke e-Commerce lokal.

"Pemain besar masuk ke Indonesia, sehingga dunia e-Commerce sudah makin crowded dengan investasi dari luar yang besar. Sehingga kalau bisnis seperti ini kan yang besar yang akan menang, kalau mau terus di situ akan butuh dana besar," kata Dian.

Tak ingin lebih 'berdarah-darah', XL memutuskan melepas seluruh saham Elevenia.

(Tin/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.