Sukses

Hacker Pakai Bug Instagram untuk Retas Akun Selena Gomez

Sebuah bug di API Instagram ternyata digunakan hacker untuk mendapatkan kontak Selena Gomez sekaligus meretas akun tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah bug di Instagram memungkinkan hacker mendapatkan nomor telepon dan alamat email selebritas dan orang-orang terkenal. Hal ini diungkapkan Instagram, sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari The Verge, Kamis (31/8/2017).

Baru-baru ini, bug tersebut ditemukan pada antarmuka pemrograman aplikasi (API) Instagram, tepatnya layanan yang digunakan untuk terhubung dengan aplikasi lainnya.

Instagram menolak memberitahu, pengguna mana yang telah menjadi target hacker dengan memanfaatkan bug ini.

Namun, dua hari lalu, akun Instagram selebritas dengan jumlah pengikut terbanyak, Selena Gomez, mendadak mengunggah foto Justin Bieber tanpa busana

"Baru-baru ini kami mendapati ada satu atau beberapa orang memperoleh akses yang tidak sah ke sejumlah informasi kontak pengguna high profile (selebritas), terutama alamat email dan nomor telepon, dengan cara memanfaatkan bug yang ada di API Instagram," kata Instagram dalam sebuah pernyataan.

Instagram juga mengonfirmasi, tidak ada kata sandi Instagram pengguna yang terbongkar.

"Kami memperbaiki bug tersebut dengan cepat, kami juga sedang melakukan penyelidikan menyeluruh terkait hal ini," kata Instagram.

Selain itu, platform berbagi foto dan video singkat milik Facebook itu juga telah mengumumkan kepada seluruh pemilik akun terverifikasi bahwa kemungkinan informasi kontak mereka telah dibobol hacker.

Akun Instagram Selena Gomez memiliki jumlah follower terbanyak di dunia setelah akun milik Instagram (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Untuk itu, pemilik akun terverifikasi diharapkan untuk waspada terhadap telepon, SMS, atau email yang dikirimkan orang tak dikenal.

Instagram tak menyebut jumlah akun selebritas yang terpengaruh atas bug ini. Namun, tak dimungkiri bahwa nomor telepon dan alamat email memang bisa digunakan untuk login ke Instagram pengguna.

Hal itu menjelaskan apa yang terjadi pada akun milik Gomez. Akun Instagram dengan 125 juta pengikut itu diretas oleh hacker.

Peretasnya mendapatkan akses ke akun Instagram Gomez dan mengunggah foto tanpa busana Justin Bieber. Sehari setelahnya, akun Instagram Gomez kembali seperti semula. 

(Tin/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.