Sukses

Terintegrasi, Cortana Kini Bisa Diakses via Alexa

Pengguna Alexa bisa mengakses asisten virtual besutan Microsoft ini pada perangkat Amazon Echo.

Liputan6.com, San Francisco - Amazon dan Microsoft secara resmi mengumumkan kerja sama yang berfokus pada integrasi asisten virtual-nya, Alexa dan Cortana. Diumumkan kedua raksasa teknologi tersebut pada Rabu (30/8/2017), Alexa dan Cortana akan terintegrasi satu sama lain.

Dilansir Techno Buffalo, Sabtu (2/9/2017), integrasi ini bisa dijajal pengguna Alexa dan Cortana mulai akhir 2017. Jadi, pengguna bisa memanfaatkan perangkat berbasis Alexa untuk menggunakan fitur yang dimiliki Cortana.

Pengguna perangkat berbasis Cortana juga bisa melakukan hal sebaliknya. Hanya dengan mengatakan "Alexa, buka Cortana" ke perangkat speaker pintar Echo, atau "Cortana, buka Alexa" ke perangkat Windows 10, pengguna secara otomatis bisa mengakses fitur dari masing-masing asisten virtual.

Integrasi juga memungkinkan kedua asisten virtual mengerjakan beberapa kemampuan khusus, seperti mengakses kalender, mengatur reminder atau membacakan email.

Bahkan, integrasi Alexa di dalam Cortana diklaim bisa memberikan akses pengguna untuk memanfaatkan sekitar 20.000 jenis kemampuan Alexa dan kontrol ke sejumlah perangkat pintar berbasis Alexa selain Echo.

CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan, hadirnya Cortana ke semua perangkat Amazon menjadi prioritas utama baginya. "Membawa fitur dan pengetahuan yang dimiliki Cortana, integrasi Office 365, dan pengingat ke Alexa adalah langkah terbaik kami dalam melakukan pencapaian," ujar Nadella.

Pada kesempatan yang sama, pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos juga menyambut kerja sama antar kedua pihak untuk mengintegrasikan Cortana dan Alexa.

"Bersama-sama, kekuatan mereka (Cortana dan Alexa) akan melengkapi satu sama lain, serta membantu konsumen merasakan pengalaman yang lebih kaya. Beruntung pengguna Echo kini bisa mengakses Cortana," imbuh Bezos.

Cortana awalnya hadir eksklusif untuk perangkat Windows Phone. Seiring waktu berjalan, Microsoft akhirnya memutuskan tak akan membatasi Cortana di Windows Phone.

Alhasil, perusahaan yang bermarkas di Redmond, Amerika Serikat itu meluncurkan asisten virtual tersebut di perangkat Android dan iOS dalam bentuk aplikasi.

Adapun Alexa adalah asisten virtual besutan Amazon yang terbilang masih "bayi".

Alexa bahkan menuai popularitas tinggi dari hanya 800 ribu pengguna pada Mei 2016 menjadi 2,6 juta pada 2017. Menurut riset Verto, interaksi pengguna dengan Alexa kini lebih konsisten ketimbang 2016.

(Jek/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.