Sukses

Transfer Data via SHAREit 200 Kali Lebih Cepat dari Bluetooth

Liputan6.com, Jakarta - Kamu tentunya pernah merasa kesulitan ketika ingin mentransfer data (video, gambar, musik, dan lain sebagainya) dari atau ke perangkat berbeda platform, misalnya dari iOS ke Android atau sebaliknya.

Cara paling umum biasanya memindahkan data melalui komputer dengan kabel USB, namun proses tersebut pasti lebih rumit dan membutuhkan waktu lama.

Kini, semua masalah dan keterbatasan tersebut dapat dipatahkan dengan menggunakan aplikasi bernama SHAREit. Menariknya, aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Bila kamu memakai komputer atau laptop, baik Windows maupun Mac OS, bisa mengunduhnya di ushareit.com.

Semua perangkat dapat terhubung secara instan, tanpa kabel, tanpa Bluetooth, dan tanpa koneksi internet. Bahkan kecepatannya 200 kali lebih cepat dibandingkan Bluetooth. Asyiknya lagi, semua format file dapat dikirim dan tidak dibatasi besaran file-nya.

Untuk membuktikannya, Tekno Liputan6.com melakukan transfer data dari iPhone (iOS) ke smartphone berbasis Android. Ukuran file yang kami transfer sekitar 2GB.

Setelah mengunduh dan meng-install aplikasi SHAREit, cukup buka aplikasi di kedua perangkat (iOS atau Android). Pilih Send (untuk mengirim data) atau Receive (menerima data).

Di smartphone pengirim (iPhone) akan muncul pilihan kategori file apa saja yang ingin dikirim. Setelah dipilih, tekan Ok. Karena menggunakan platform berbeda, jangan lupa untuk memilih tombol "Connect to iOS/WP" di ponsel penerima (Android).

Setelah itu, di smartphone penerima akan muncul notifikasi yang menampilkan sebuah kode jaringan khusus. Sementara di smartphone pengirim, pastikan untuk memilih "Connect to hotspot now".

Setelah dipilih, kamu akan dibawa ke halaman pengaturan jaringan. Pilih jaringan yang sesuai dengan kode jaringan khusus yang sama dengan kode di smartphone penerima.

Dalam proses ini, baik perangkat pengirim maupun penerima, harus berada dalam satu jaringan yang sama. Perlu diketahui bahwa nama jaringan bukanlah nama internet yang digunakan, melainkan nama hotspot pada perangkat, yaitu jaringan Wi-Fi yang otomatis dibuat oleh SHAREit.

Jika jaringan yang digunakan sudah sama, smartphone si pengirim akan langsung mengenali. Kamu cukup mengklik avatar smartphone pengirim, maka seluruh file yang ada akan langsung ditransfer.

Saat kedua ponsel terhubung, smartphone pengirim cukup tap tombol Send untuk memulai proses transfer yang sangat cepat. Dalam pengujian tersebut, mengirimkan file hingga 2GB dapat diselesaikan kurang dari 7 menit.

Bayangkan jika harus menggunakan metode transfer via Bluetooth. Prosesnya bisa mencapai dua hari berturut-turut, dan proses pemindahannya pun tidak dapat dilakukan sekaligus, namun satu per satu. Jika mengunakan email, dipastikan prosesnya akan memakan waktu lebih lama (tergantung dari kecepatan internet).

Untuk diketahui, SHAREit adalah aplikasi transfer data dengan jumlah pengguna lebih dari satu miliar di seluruh dunia. Aplikasi ini menduduki posisi pertama dalam daftar peringkat Google Play di 36 negara dan daftar peringkat produktivitas App Store di 64 negara.

Bukan itu saja, jumlah berbagai berkas yang ditransfer dengan SHAREit mencapai lebih dari 700 juta setiap hari. Di Indonesia, SHAREit dipakai lebih dari 100 juta pengguna.

(Isk/Ysl)

Tonton Video Menarik Beriku Ini:

Artikel Selanjutnya
Galaxy Note 8 Meluncur dengan Dua Paket Penjualan, Pilih Mana?
Artikel Selanjutnya
Analis: AirPods Bakal Kuasai Pasar Headset Wireless Dunia