Sukses

5 Asisten Virtual Paling Populer Saat Ini

Liputan6.com, Jakarta - Asisten virtual tak dimungkiri saat ini telah menjadi fitur yang wajib hadir di perangkat-perangkat pintar. Pertumbuhan penggunanya pun cukup cepat seiring semakin banyak pengguna smartphone atau smart home

Sebagai catatan, pada dasarnya, kemampuan tiap asisten virtual sebenarnya tak berbeda jauh. Melalui perintah suara, pengguna dapat meminta perangkat melakukan sejumlah tugas. 

Namun mengingat setiap perusahaan memiliki perangkat sendiri dan mulai mengembangkan asisten virtual secara mandiri, sehingga saat ini ada sekitar lima asisten virtual yang dianggap paling populer. 

Meski kian populer, ternyata tak seluruh orang mengenal asisten virtual yang ada saat ini. Untuk itu, berikut ini adalah daftar asisten virtual dari tiap perusahaan yang dihimpun dari berbagai sumber: 

1. Siri

Siri merupakan asisten virtual buatan Apple yang dibenamkan ke perangkat-perangkatnya. Pertama kali diperkenalkan pada iPhone 4S, asisten virtual ini lantas merambah iPad dan iPod Touch.

Ilustrasi Apple Siri

Seiring perkembangan sistem operasinya, Apple turut meningkatkan kemampuan asisten virtual ini. Terbaru, Siri dapat mempelajari kebiasaan pengguna.

Melalui pembaruan ini, Siri dapat mengerti perintah yang diberikan pengguna sehari-hari. Sebagai contoh, asisten virtual ini dapat melakukan pemesanan transportasi online, menjadwalkan pertemuan, termasuk mengirim pesan via aplikasi chatting.

Tak hanya itu, ia pun akan terintegrasi dengan aplikasi iMessage dan menawarkan sinkronisasi iCloud secara otomatis. Apple dikabarkan juga akan mengoptimalkan performa Siri untuk sistem operasi TV pintar, Apple Watch, tvOS, dan watchOS.

1 dari 3 halaman

Google Assistant dan Alexa

2. Google Assistant

Asisten virtual ini pertama kali diperkenalkan di seri smartphone Google Pixel bulan lalu. Namun tak butuh waktu lama bagi Google untuk memperluas cakupan Google Assistant.

Kini, layanan asisten virtual ini hadir pula di perangkat Android yang sudah menjalankan versi Marshmallow dan Nougat. Sama seperti asisten virtual lain, fitur di aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat janji, bertanya soal informasi, termasuk terhubung dengan perangkat Google lain.

Bahkan, pengguna aplikasi chatting Allo kini dapat mengajak bicara Google Assistant dalam bahasa Indonesia. Menurut Product Lead Google Allo, Adam Rodriguez, pengguna bisa menambahkan Google Assistant ke dalam percakapan grup atau percakapan pribadi untuk menanyakan hal apa pun.

Kemampuan Google Assistant berbahasa Indonesia tak lepas dari jumlah pengguna di Tanah Air yang terus meningkat. Karena itu, kemampuan asisten virtual ini juga akan terus ditingkatkan.

3. Alexa

Alexa merupakan sistem berbasis perintah suara yang dikembangkan Amazon untuk speaker besutannya, Echo. Kemampuan Alexa mencakup perintah untuk menyalakan lampu atau memasang lagu di rumah.


Seiring perkembangkan waktu, asisten virtual ini juga merambah produk lain, seperti Amazon Dot dan Tap. Kepopuleran asisten virtual ini juga dilaporkan terus menanjak bahkan mulai menyusul Siri.

Alasannya, pengguna Echo terus tumbuh dengan cukup cepat dan berimbas pada adopsi pengguna Alexa. Tak hanya itu, interaksi pengguna dengan Alexa juga lebih konsisten ketimbang tahun lalu.

Terbaru, Amazon dan Microsoft baru saja mengumumkan kerja sama yang fokus pada integrasi asisten virtualnya, Alexa dan Cortana. Jadi, pengguna bisa memanfaatkan perangkat berbasis Alexa untuk menggunakan fitur milik Cortana.

2 dari 3 halaman

Cortana dan Bixby

4. Cortana

Asisten virtual besutan Microsoft ini pertama kali meluncur di Windows Phone 8.1. Memiliki kemampuan serupa asisten virtual lain, Cortana kini juga telah menyambangi Windows 10.

Tahun lalu, Microsoft juga memperluas kemampuan Cortana dengan integrasi lebih baik untuk aplikasi email Outlook dan kalender. Selain itu, juga lebih pintar dalam mengenali waktu secara spesifik dan permintaan aktivitas.

Fitur baru lainnya termasuk membalas pesan yang datang dari ponsel Android di PC Windows. Selain itu, developer juga akan bisa mengintegrasikan Cortana ke dalam aplikasi mereka sehingga pengguna dapat melakukan tindakan dengan suara dan fungsi otomatis lainnya.

5. Bixby

Memulai debut di Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus Maret 2017, Samsung segera memperluas jangkauan dari layanan asisten virtual ini. Kini, Bixby dilaporkan telah menyambangi lebih dari 200 negara.

Negara-negara yang dimaksud di antaranya adalah Inggris, Australia, Kanada, dan Afrika Selatan. Seperti diketahui, saat ini Bixby Voice baru bisa dipakai di Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Bixby Voice dikembangkan sebagai antarmuka cerdas milik Samsung yang membantu pengguna memberikan perintah ke perangkatnya dengan cepat dan mudah melalui perintah suara.

Samsung akan terus belajar agar lebih pintar serta membuat interaksi berjalan lebih personal dan koneksi yang lebih mulus ke banyak perangkat. Perusahaan itu juga berencana menghadirkan Bixby ke lebih banyak negara, bahasa, perangkat, termasuk aplikasi pihak ketiga.

(Dam/Ysl/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Eduard Khil Tampil sebagai Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?
Artikel Selanjutnya
Terintegrasi, Cortana Kini Bisa Diakses via Alexa