Sukses

Gim Anyar Nintendo Switch Bakal Gunakan MicroSD?

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah gim anyar untuk Nintendo Switch dilaporkan akan memiliki akses penyimpanan ke microSD. Keterbatasan memori internal dan kapasitas gim yang kian besar disebut-sebut menjadi alasan kuat hal itu dilakukan.

Nintendo sendiri telah mengumumkan informasi tersebut. Menurut perusahaan asal Jepang itu, sejumlah gim Nintendo Switch terkini akan membutuhkan microSD.

"Gim Nintendo Switch teranyar membutuhkan microSD mengingat kapasitas konten yang besar dan memerlukan penyimpanan untuk menikmati pengalaman bermain lebih maksimal," ujar Nintendo dalam keterangannya seperti dikutip dari IGN, Selasa (5/9/2017).

Nantinya, informasi terkait kebutuhan memori eksternal akan muncul di bagian depan dan belakang kemasan fisik gim. Sementara bagi yang mengunduh di eShop, informasi terkait kapasitas gim tersebut akan muncul di bagian deskripsi. 

Salah satu gim yang sudah menerapkan sistem tersebut adalah NBA 2K18. Keterangan pada kemasan gim besutan EA Sport itu telah disebutkan NBA 2K18 membutuhkan akses ke microSD.

Kendati demikian, Nintendo menuturkan gim yang membutuhkan memori tambahan sebenarnya dapat dimainkan tanpa microSD. Akan tetapi, pemain hanya dapat memainkan sebagian dari keseluruhan gim tersebut.

"Untuk menikmati gim secara lebih utuh, dibutuhkan data tambahan yang perlu diunduh. Nantinya, kebutuhan itu tergantung persyaratan dari gim tersebut," ujar perusahaan.

Sebagai tambahan, Nintendo juga baru saja menjalin kerja sama dengan SanDisk untuk microSDXC keluaran terbaru. Memori berkapasitas 64GB dan 128GB itu akan tampil dengan logo dan karakter khas Nintendo. 

1 dari 2 halaman

Daftar gim di Nintendo Switch

Sekadar informasi, katalog gim yang hadir di Nintendo Switch memang terus bertambah. Sejumlah publisher dilaporkan siap memboyong gim besutannya ke konsol anyar besutan Nintendo tersebut. 

Salah satu perusahaan yang siap menghadirkan gim di Switch adalah Capcom. Laporan terbaru menyebut perusahaan asal Jepang itu sedang mengembangkan sejumlah gim untuk meramaikan ekosistem Switch.

Selain Capcom, pengembang lain yang juga memastikan diri akan merambah Switch adalah Square Enix. Dilansir Ubergizmo, Lost Sphear akan menjadi gim JRPG baru yang diterbitkan Square Enix di Switch pada 2018 mendatang.

Tak hanya gim bergenre RPG, sejumlah gim olahraga kenamaan dipastikan juga berlaga di Switch. Selain FIFA 18 dan NBA 2K18, pengguna juga dapat memainkan WWE 2K18 di perangkatnya. 

Sementara Nintendo juga disebut tengah menyiapakan penerus gim 1-2 Switch. Nintendo Entertainment Planning and Development, Shinya Takahashi mengungkapkan, pihaknya tengah memiliki beberapa proyek, termasuk gim seperti 1-2 Switch. 

(Dam/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Resident Evil Revelations Sambangi Nintendo Switch 30 November
Artikel Selanjutnya
Gim FIFA Dipastikan Akan Terus Berlaga di Nintendo Switch