Sukses

Gawat, Hacker Jual Email dan Nomor Telepon Pengguna Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Instagram beberapa hari lalu, memperingatkan pemilik akun terverifikasi tentang sebuah celah keamanan yang mungkin bisa membuat hacker mengakses informasi pribadi mereka. Namun, Instagram mengklaim telah memperbaiki celah keamanan tersebut dan menjamin keamanan password pengguna.

Meski celah keamanan telah diperbaiki, bukan berarti menyelesaikan semua masalah. Pasalnya, bug tersebut telah dieksploitasi sebelum Instagram memperbaikinya dan sebagian besar mempengaruhi akun orang-orang terkenal.

Seorang juru bicara Instagram mengatakan kepada CNN Tech, mereka tahu ada sejumlah orang yang berusaha menjual informasi pribadi tersebut. Untuk mengatasinya, Instagram telah bekerjasama dengan aparat penegak hukum.

Dikutip dari CNN, Senin (4/9/2017), hacker menjual data berisi email dan nomor telepon diduga milik para pengguna Instagram.

Mereka mengklaim, mendapatkan data-data penting itu sebelum celah keamanan diperbaiki dan menjualnya seharga US$ 10 untuk satu akun. Situs web berisi semua data tersebut tidak bisa diakses dengan browser biasa.

Manager dari database itu mengatakan, "Kami memiliki berbagai akun orang terkenal, akun pengguna biasa, dan selebritas yang sangat terkenal."

Adapun hacker mengklaim memiliki informasi pribadi yang berhubungan dengan lebih dari enam juta akun. Manager itu mengaku mendengar tentang celah keamanan Instagram melalui pesan pribadi dan mengakses data tersebut pada 25 Agustus 2017.

Untuk membuktikan pernyataannya, ia mengirimkan daftar berisi seribu akun Instagram dan data terkait lainnya kepada CNN Tech. Setelah dikonfirmasi oleh CNN Tech, beberapa email yang berada dalam daftar masih digunakan oleh sejumlah akun Instagram.

Akun milik penyanyi Selena Gomez diyakini sebagai salah satu korban. Hacker yang meretas akun Selena mengunggah foto mantan kekasihnya, Justin Bieber, di Instagram.

(Din/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Saksikan Inspirato Bersama 3 Tokoh Inspiratif Indonesia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Instagram Stories Bakal Bisa Disaksikan Lewat Desktop
Artikel Selanjutnya
Kacau, 500 Akun Instagram Selebritas Hollywood Dijual di Dark Web