Sukses

5 Fakta Media Sosial yang Mengubah Dunia

Penggunaan media sosial telah mengubah dunia dalam berbagai hal, berikut 5 fakta yang perlu kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut data yang dipublikasikan We Are Social, dari 7,4 miliar penduduk bumi, 3,7 miliarnya telah terhubung dengan internet. Dari jumlah pengguna internet, miliaran orang merupakan mengakses media sosial tiap harinya. Angka ini dilaporkan terus meningkat.

Pada 2018, diperkirakan jumlah pengguna media sosial bakal mencapai 2,44 miliar. Demikian seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari We Forum, Senin (4/9/2017).

Media sosial biasa digunakan untuk berbagai hal dalam kehidupan, misalnya berhubungan dengan orang lain, hiburan, berjejaring dengan rekan kerja dan teman kampus.

Penggunaan media sosial pun bukan hanya mengubah cara orang berkomunikasi, tetapi juga mengubah orang berbisnis, mengubah komunikasi pemerintahan, dan mengubah kehidupan masyarakat.

Berikut adalah lima hasil observasi dan prediksi dari ahli dari Global Agenda Council mengenai fakta medsos telah mengubah dunia:

1. Media Sosial "Wajib" Dimiliki

Media sosial kini seolah wajib dimiliki. Menurut Claire Wardle dari Pusat Penentu Jurnalisme Digital, dalam tujuh tahun terakhir, media sosial telah mengubah berbagai hal. Misalnya saja, media sosial dipakai untuk digital marketing atau saluran komunikasi bagi layanan pelanggan.

Berbagai industri telah menggunakan medsos untuk keperluan bisnis. Oleh karenanya, rasanya media sosial jadi hal wajib untuk dimiliki.

Media sosial menjadi jalur pemasaran digital paling efektif. (Foto: Neovene)

2. Platfom Medsos Mudahkan Perbankan

Media sosial menjadi sebuah platform yang juga dipakai di sektor perbankan. Sama seperti di atas, media sosial mengubah cara komunikasi di dunia perbankan. Mulai dari memperbaiki layanan pelanggan hingga memungkinkan pengguna mentransfer uang melalui online platform.

Tidak hanya itu, perusahaan teknologi finansial juga menggunakan medsos untuk membantu orang lain membuka rekening. Bahkan, media sosial juga bisa mempermudah seseorang mendapatkan pinjaman.

Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Medsos Bantu Kesehatan

3. Medsos Bantu Layanan Kesehatan

Industri kesehatan juga salah satu yang terbantu berkat medsos. Misalnya saja kampanye kesehatan masyarakat bisa dilakukan melalui medsos atau kunjungan dokter virtual bisa dilakukan di layanan Skype.

Medsos juga bisa membantu pasien tetap terhubung dengan pihak-pihak yang bisa menjawab pertanyaan mereka seputar kesehatan. "Media sosial telah memberikan hal baik pada kesehatan seseorang atau pun masyarakat, terutama membuat orang bisa berbagi informasi dengan cepat," kata Lee Aase dari Mayo Clinic Center for Social Media and Social Media Health Network.

Ilustrasi sosial media. (via: qureta.com)

Namun, media sosial juga bisa berdampak buruk. Misalnya ketika orang non-pakar membagikan informasi kesehatan kepada pihak lain. Oleh karena itu menurutnya, agen-agen kesehatan perlu membuat rencana untuk merespon dan mengatasi jika ada informasi yang kurang akurat tentang kesehatan, terutama melalui media sosial.

4. Medsos Mengubah Komunikasi Pemerintah dengan Warga

Partisipasi dan keterlibatan warga sipil di media sosial telah menjadi sumber gagasan, rencana, dan inisiatif bagi pemerintah. Lewat medsos juga, banyak pemimpin daerah berkomunikasi dan merangkul warganya. Selain itu, mereka juga membuat membuat pemerintahan jadi lebih transparan.

Akun Instagram Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang memiliki jutaan followers (Sumber: IG @ridwankamil).

Bahkan, kini ada platform yang dibuat khusus untuk memberikan masukan atau laporan langsung kepada pemerintah daerah, Qlue salah satunya.

Aplikasi "blusukan" Ahok di era digital. (Qlue)

3 dari 3 halaman

Medsos Bantu Respon Bencana

5. Medsos Memudahkan Masyarakat Merespon Bencana

Media sosial ternyata juga memudahkan masyarakat merespons bencana. Hal ini salah satunya ditunjukkan Facebook melalui fitur Safety Check. Dengan fitur ini, pengguna Facebook yang ada di sekitar wilayah bencana bisa saling memberitahukan kondisi mereka.

Selain itu berbagai platform media sosial lainnya juga menjadi jembatan komunikasi saat terjadinya bencana, termasuk jadi saluran komunikasi untuk memberi bantuan.

Facebook mengaktifkan fitur Safety Check pascaledakan bom Kampung Melayu (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

(Tin/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.