Sukses

Manfaat Panas Bumi untuk Mengatur Suhu Ruangan

Sebuah perusahaan nasional koordinasi geodetik di Australia berhasil mengubah panas bumi agar bisa digunakan untuk mengatur suhu ruangan.

Liputan6.com, Jakarta - Alam sudah menyediakan segala sumber yang kita butuhkan sehari-hari. Misalnya, mata air dari gunung untuk kita minum hingga perhiasan yang berasal dari perut bumi. Contoh lainnya adalah panas bumi yang menjadi sumber air panas alami untuk bersantai atau berobat.

Namun tidak hanya untuk bersantai, panas bumi bisa digunakan untuk mengatur suhu ruangan. Contohnya seperti yang dilakukan Geoscience Australia, sebuah perusahaan nasional koordinasi geodetik.

Sejak 20 tahun lalu mereka memasang sistem pemanas dan pendingin panas bumi berskala besar. Mereka bisa membuat suhu ruangan nyaman dengan mengatur di suhu 22 derajat celcius.

Cara kerjanya adalah memanfaatkan bumi pada suhu konstan sekitar 17-18 derajat pada kedalaman 100 meter di bawah permukaan bumi. Dengan begitu, saat musim panas tiba, mereka menolak panas ke tanah. Sementara, saat musim dingin, panas bumi ditarik ke ruangan.

Salah satu pemasang fasilitas ini, yaitu Touie Smith. Ia mengatakan semakin banyak orang sadar mengenai konservasi energi. Orang-orang memintanya untuk membuat sistem ini di rumah atau kantor mereka.

Tidak hanya Australia, Filipina dan Eslandia juga memanfaatkan panas bumi sebagai pembangkit listrik.

(Theofilus Ifan Sucipto/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.