Sukses

Ini Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi A1

Liputan6.com, New Delhi - Xiaomi akhirnya memperkenalkan seri smartphone terbaru, Mi A1 pada Selasa (5/9/2017). Berbeda dengan smartphone Xiaomi lain, Mi A1 merupakan smartphone Android One hasil kerja sama antara Google dan Xiaomi.

Android One sendiri adalah program Google bekerja sama dengan sejumlah vendor smartphone untuk menciptakan perangkat dengan harga terjangkau bagi negara berkembang.

Walau mendapatkan smartphone Google edisi harga miring, pengguna Mi A1 tetap bakal menerima pembaruan sistem operasi Android secara berkala seperti pengguna Nexus dan Pixel, lebih cepat dibanding smartphone lainya.

"Pengguna Android One tentu akan memiliki pengalaman yang sama dengan pengguna perangkat Nexus serta Pixel. Mereka akan diprioritaskan untuk mendapatkan pembaruan sistem operasi Android lebih cepat dari perangkat lain, termasuk pembaruan keamanan bulanan," tulis Google dalam keterangan resminya sebagaimana dilansir The Verge, Selasa (5/9/2017).

Lantas, bagaimana soal performa Mi A1? Apakah dengan paket Android One, performanya ada di bawah standar seri smartphone Xiaomi lainnya, atau justru lebih baik?

Untuk membuktikannya, simak lebih lanjut soal spesifikasi Mi A1 sebagaimana Tekno Liputan6.com rangkum dari laman Hindustan Times berikut ini.

1 dari 4 halaman

Desain dan Dapur Pacu

Mi A1 sendiri hadir dengan desain yang identik dengan Mi 5X. Ia mengusung layar 5,5 inci Full HD 2,5D berbalut material Corning Gorilla Glass.

Adapun rangka bodinya tetap mengadopsi konsep unibody dengan lekukan pinggir melengkung. Dan secara keseluruhan, bodi Mi A1 dibalut dengan material aluminium yang membuatnya tampak lebih elegan.

Xiaomi mengklaim, Mi A1 juga tampil dengan fisik lebih fisik dan ringan. Bobotnya cuma 165 gram, sedangkan dimensinya 155.4 x 75,8 x 7,3 mm. Untuk pilihan warna, ia hadir dalam tiga varian warna: Gold, Rose Gold, dan Black.

Dapur Pacu

Menyoal dapur pacu, Mi A1 dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-core, RAM 4GB dan memori internal 64GB yang bisa diekspansi dengan kartu microSD.

Untuk urusan kartu grafis, smartphone dilengkapi dengan GPU Adreno 506. Adapun kapasitas dayanya ditopang baterai 3.080mAh. Ia juga dilengkapi dengan beberapa fitur lain, mulai dari slot pemindai sidik jari yang hadir di belakang kover smartphone, fitur Bluetooth hingga Wi-Fi.

2 dari 4 halaman

Kamera

Kamera adalah salah satu fitur yang diunggulkan Xiaomi pada Mi A1. Ia hadir dengan kamera utama ganda, di mana masing-masing lensa mengusung resolusi 12MP (megapiksel). Satu lensa dikhususkan untuk fitur wide-lens, dan yang satunya lagi khusus untuk telephoto.

Kamera utama ganda Mi A1 pun disebut andal melakukan beberapa kemampuan setara kamera DSLR, seperti mampu melakukan optical zoom sebanyak 2x dan digital zoom sebanyak 10x.

Ia bisa menciptakan efek bokeh serta eksposur warna yang sangat detail. Kamera utamanya juga dilengkapi dengan fitur Beautify 3.0 untuk 'mempercantik' objek.

Salah satu kemampuan kamera ganda Mi A1 juga mampu menggabungkan dua warna foto berbeda, RGB + Monokrom, serta menggabungkan modus wide-angle dan telephoto (Landscape + Portrait).

Untuk kamera depan, Mi A1 punya kamera depan 5MP yang sayangnya tidak terlalu ditonjolkan.

3 dari 4 halaman

Sistem Operasi, Harga, dan Ketersediaan

Karena didapuk sebagai smartphone Android One, tampilan antarmuka Mi A1 tak akan menggunakan MIUI khas besutan Xiaomi. Dengan demikian, smartphone ini akan mengadopsi tampilan antarmuka Android Stock yang ada di perangkat Google Nexus dan Pixel.

Xiaomi pun memastikan Mi A1 akan hadir dengan sistem operasi Android Nougat. Dan dalam waktu dekat, smartphone tersebut akan mendapatkan Android Oreo dalam timeline yang sama dengan pengguna Nexus dan Pixel.

Harga dan Ketersediaan

Soal harga, Mi A1 dilego sebesar 14.999 Rupee atau setara dengan Rp 3,1 jutaan. Pihak Xiaomi Global memastikan, smartphone tersebut juga akan menyambangi Indonesia, meski belum bisa ditentukan kapan jadwalnya.

(Jek/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Bocoran Foto Beredar, Mi MIX 2 Hadir dengan Layar Lebih Luas
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Bakal Produksi Massal Mi MIX 2