Sukses

Tak Ada Snapdragon 836, Google Pixel 2 Pakai Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu sempat tersiar kabar Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL akan meluncur dengan chipset Snapdragon 836. Kabarnya Snapdragon 836 menawarkan performa yang lebih bertenaga dari versi sebelumnya.

Namun kabar terbaru menyebut ternyata Qualcomm tak memiliki rencana untuk meluncurkan Snapdragon 836. Dikutip dari laman XDA Developers, Kamis (7/9/2017), seorang sumber anonim mengungkap Snapdragon 836 bukan chipset premium terbaru dari Qualcomm.

"Tak ada dan tidak akan pernah ada Qualcomm Snapdragon 836," ujar sumber tersebut. Dengan informasi terbaru ini, besar kemungkinan Google Pixel 2 akan menggunakan chipset yang sudah ada di pasaran saat ini.

Karenanya, sejumlah analisis menyebut Google bakal memakai Snapdragon 835. Kendati demikian, Google sendiri belum mengungkap secara resmi soal smartphone tersebut sehingga tak tertutup kemungkinan ada perubahan rencana.

Di sisi lain, bukan berarti Qualcomm tak memiliki rencana untuk meluncurkan chipset anyar pada kuartal keempat 2017 atau kuartal pertama 2018. Sebab, sejumlah rumor sempat sebenarnya menyebut perusahaan itu tengah menyiapkan Snapdragon 845.

Bahkan, LG dilaporkan disebut-sebut akan menjadi perusahaan yang pertama menggunakan chipset tersebut untuk produknya. Menurut rumor, LG berencana memakai Snapdragon 845 untuk G7 yang meluncur tahun depan.

"Adopsi Snapdragon 845 untuk ponsel flagship LG berikutnya terlihat tak bisa dihindari, mengingat solusi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) terus berkembang, membutuhkan kemampuan pemrosesan data yang lebih kuat," ujar seorang sumber anonim.

Tak hanya Google Pixel 2

Kabar pengunaan Snapdragon 836 untuk Google Pixel 2 sebenarnya baru saja terdengar sejak Juli tahun ini. Selain Pixel 2,  Galaxy Note 8--yang nyatanya tak benar--turut disebut-sebut akan memakai chipset tersebut.

Menurut informasi ketika itu, Snapdragon 836 akan memiliki kombinasi CPU dan GPU yang sama dengan Snapdragon 835. Namun, clock speed prosesor anyar ini akan lebih tinggi, sehingga menawarkan kinerja lebih baik.

Adapun, kabar kehadiran Snapdragon 836 kian kuat mengingat generasi Pixel sebelumnya juga menggunakan Snapdragon 821, yang merupakan produk pembaruan Snapdragon 820.

Untuk diketahui, Snapdragon 821 sebenarnya didesain sebagai produk penyambung antara Snapdragon 820 dengan model premium selanjutnya. Sejak awal Qualcomm menyebut chipset ini merupakan pelengkap produk yang ada di pasaran. 

Mengingat hal serupa pernah dilakukan, sejumlah pihak pun menilai perusahaan itu benar-benar- akan meluncurkan Snapdragon 836. Di sisi lain, Google juga diprediksi besar akan menerapkan strategi tersebut di Pixel 2 dengan menyematkan chipset versi pembaruan. 

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.