Sukses

Apple Setop Konser Apple Music Festival Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Meski dikenal sebagai perusahaan teknologi, Apple sebenarnya kerap menyelenggarakan festival musik bernama Apple Music Festival. Ajang tahunan yang sebelumnya bernama iTunes Music Festival itu selalu menghadirkan musikus ternama di setiap acaranya.

Namun, seperti dikutip dari Ars Technica, Jumat (8/9/2017), Apple memutuskan untuk menghentikan gelaran tersebut mulai tahun ini. Sebagai informasi, festival musik ini bertahan selama sepuluh tahun setelah pertama kali diperkenalkan pada 2007.

Sayangnya, Apple tak mengungkap alasan resmi di balik keputusannya tersebut. Akan tetapi, menilik keseriusan perusahaan untuk memproduksi konten orisinal, ada kemungkinan Apple ingin lebih fokus untuk hal tersebut.

Untuk diketahui, perusahaan yang kini dipimpin Tim Cook tersebut tengah menggenjot layanan berbasis konten untuk iTunes dan Apple Music. Apple bahkan resmi merekrut Jamie Erlicht dan Zack Van Amburg untuk mengapalai divisi program Apple.

Keduanya bukanlah orang asing di dunia pertelevisian. Sebelum bergabung dengan Apple, mereka mengemban tugas sebagai Presiden Sony Pictures Television sejak 2005.

Di bawah kepemimpinan Erlicht dan Van Amburg, Sony Pictures Television berhasil menelurkan sejumlah serial kenamaan yang diproduksi untuk Amazon, Hulu, dan Netflix. Beberapa judul tersebut adalah Better Call Saul, Breaking Bad, dan Preacher.

Keputusan memboyong dua kreator itu menandakan Apple serius untuk memproduksi konten sendiri dan bersaing dengan layanan streaming lain, seperti Netflix. Terlebih, perusahaan itu sudah memiliki platform serupa, yakni Apple Music.

1 dari 2 halaman

Reality Show Besutan Apple

Sekadar informasi, reality show perdana produksi Apple baru saja mengudara. Episode perdana serial berjudul Planet of the Apps itu tayang pertama kali saat gelaran WWDC 2017.

Episode ini juga dapat disaksikan di Apple Music dan iTunes. Namun, episode selanjutnya hanya tersedia untuk pelanggan Apple Music.

Serial ini berfokus pada upaya pengembang aplikasi menarik perhatian para juri. Adapun juri panel dalam acara ini adalah Jessica Alba, Gwyneth Paltrow, will.i.am, dan Gary Vaynerchuk.

Peserta akan diberi kesempatan untuk menjelaskan gagasan mereka kepada juri dalam waktu 60 detik. Nantinya, pengembang terpilih akan diarahkan untuk mendapat pendanaan dari perusahaan venture capital.

Planet of the Apps disebut sebagai strategi Apple guna menarik lebih banyak pelanggan Apple Music. Dengan total pelanggan 27 juta saat ini, perusahaan dilaporkan masih berupaya meningkatkan popularitas.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Inspirato Bersama 3 Tokoh Inspiratif Indonesia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Selfie dengan Fans, EXO Bikin Heboh Music Bank
Artikel Selanjutnya
Eunha GFriend Nyanyikan Lagu Band Indonesia Mocca