Sukses

5 Serba-serbi Kehadiran iPhone 8

Liputan6.com, Jakarta - Apple tengah mempersiapkan peluncuran iPhone 8 pada 12 September 2017. Smartphone terbaru yang sangat dinanti ini diharapkan memberikan perubahan besar untuk Apple. Pasalnya, tahun ini bertepatan dengan satu dekade iPhone di pasar smartphone.

Banyak orang memiliki harapan besar pada iPhone 8, mengingat smartphone tersebut akan menjadi iPhone paling premium pada tahun ini. Untuk membuat iPhone 8 sukses besar, Apple membekalinya dengan serangkaian fitur unggulan yang bahkan belum dimiliki seri iPhone lainnya.

iPhone 8 sejauh ini dilaporkan akan memiliki layar OLED, wireless charging, fitur pengenalan wajah, layar melengkung dan tanpa tombol home. Berbagai pemberitaan tentang iPhone 8, termasuk fitur-fitur tersebut selalu menyedot perhatian.

Apple sendiri belum buka suara tentang iPhone 8, meski undangan acara pengumumannya sudah disebar ke media. Untuk mengurangi rasa penasaran, ada sejumlah hal yang perlu ditahu soal peluncuran iPhone 8 seperti dilansir Telegraph, Kamis (7/9/2017):

1. Waktu Pengumuman

CEO Apple, Tim Cook dilaporkan akan mengumumkan iPhone 8 di sebuah acara di California, Amerika Serikat (AS), pada 12 September 2017. Apple sudah mengirimkan undangan kepada awak media agar mereka menghadiri sebuah acara yang akan digelar di kantor pusat baru Apple Park pukul 10.00 pagi waktu setempat.

Sesuai dengan tradisi, iPhone terbaru ini diyakini akan mulai dijual sekira satu pekan setelah hari pengumumannya. Kemungkinan iPhone 8 menyambangi toko-toko pada Jumat (22/9/2017).

2. Apa Saja yang Diumumkan pada 12 September?

Apple berencana mendobrak tradisi dengan mengumumkan tiga smartphone sekaligus pada bulan ini, yaitu iPhone 8, iPhone 7s dan iPhone 7s Plus.

Apple biasanya hanya merilis satu smartphone dengan desain baru dalam setahun dan produk lain dengan sedikit peningkatan dari versi sebelumnya. Namun tahun ini, iPhone 7s dan 7s Plus akan menjadi versi dengan sedikit peningkatan seperti pada chip dan kapasitas baterai.

iPhone 8 menjadi bintang utama dengan desain yang sangat berbeda dan sekaligus untuk merayakan sepuluh tahun iPhone di pasar smartphone. Selain iPhone, perusahaan juga diprediksi mengumumkan generasi ketiga Apple Watch dan Apple TV 4K.

1 dari 2 halaman

Serba-serbi iPhone 8 (II)

3. Harga iPhone 8

iPhone 8 kemungkinan menjadi handset termahal Apple dengan estimasi US$ 1.000 di AS dan 800 Pound sterling di Inggris. Seorang eksekutif Foxconn beberapa waktu lalu pernah mengungkapkan tentang iPhone 8 yang akan dijual dengan harga tinggi.

Jika ternyata dijual dengan harga hampir US$ 1.000, iPhone 8 akan 54 persen lebih mahal daripada iPhone 7.

4. Penampilan iPhone 8

Sejumlah analis dan pembocor informasi menduga iPhone 8 akan hadir dengan tiga pilihan warna yaitu putih, hitam dan tembaga atau emas. Selain itu, pembocor Benjamin Geskin, mengindikasikan iPhone 8 akan memiliki warna "Blush Gold", menggantikan "Rose Gold" yang ada pada model terdahulu.

Dari berbagai prediksi itu, putih dan hitam kemungkinan besar sudah pasti ada. Namun, pilihan warna ketiga belum bisa dipastikan karena ada beberapa prediksi berbeda.

Fitur iPhone 8

5. Fitur-fitur

Ada beberapa fitur terbaik dan paling masuk akal yang selama ini beredar luas. Salah satu fitur tersebut adalah layar melengkung di tiap sisi dengan bezel super tipis. Desain ini dinilai sesuai dengan keinginan bos desain Apple, Jony Ive. Banyak orang mengetahui bahwa Ive berambisi membuat iPhone tampil seperti kaca dengan sebuah layar yang menutupi keseluruhan depannya.

Selain itu, iPhone 8 juga disebut tidak akan memiliki tombol "home". Apple akan mengganti fitur yang telah ada sejak 2007 itu dengan sejumlah fitur pengganti. Apple telah memulai proses untuk mengurangi ketergantungan pada tombol home fisik. Semuanya diawali ketika Apple memperkenalkan teknologi pengenalan tekanan dengan 3D Touch, disusul tombol home solid pada iPhone 7 yang bergetar ketika disentuh.

Doc: Daily Express

Apple juga sudah mematenkan cara menanamkan teknologi pembaca sidik jari, Touch ID, di layar yang kemungkinan membuat tombol home tidak lagi dibutuhkan. Selain itu, firmware Apple yang bocor beberapa waktu lalu menunjukan kemungkinan ada tombol home virtual, yang ukurannya bisa diubah dan disembunyikan.

Lebih lanjut, Apple diprediksi menggantikan Touch ID dan tombol home dengan sebuah pemindai infrared yang bisa membuka kunci ponsel menggunakan software pengenalan wajah.

Peningkatan keamanan ini disebut sangat cepat serta mampu memindai wajah pengguna dan membuka kunci perangkat dalam waktu sepersejuta detik. Teknologi ini akan bekerja dengan kamera 3D. Fitur-fitur menarik lain yang akan dimiliki iPhone 8 adalah SmartCam, kemampuan Augmented Reality (AR), iOS 11 dan wireless charging.

Adapun Apple sampai saat ini masih bungkam, meski berbagai laporan tentang iPhone 8 sudah banyak beredar di internet. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu memang dikenal sangat tidak suka membicarakan tentang produk-produk yang belum diumumkan secara resmi.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Ini Harga Fantastis Gaun Raisa
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia di Balik Undangan Peluncuran Produk iPhone