Sukses

Google Rayakan Ulang Tahun ke-100 Sir John Cornforth, Siapa Dia?

Liputan6.com, Jakarta - Google hari ini memajang doodle seorang pria berkaca mata di laman muka pencariannya. Dalam doodle tersebut, pria yang terlihat rapi dengan kemeja, dasi, dan jas itu disandingkan dengan berbagai peralatan laboratorium serta rumus kimia dan buku.

Rupanya, pria yang digambarkan dalam doodle itu bernama Sir John Cornforth yang hari ini merayakan ulang tahun ke-100. Siapa dia?

Mengutip penjelasan pada laman Google Doodle, Kamis (7/9/2017), Sir John Cornforth adalah seorang ahli kimia yang lahir di Sidney, Australia, 7 September 1917 alias 100 tahun lalu.

Dikisahkan, pada masa kecilnya, Cornforth kehilangan pendengarannya. Lalu, pada usia yang ke-20, ia harus menghadapi kenyataan dirinya benar-benar tuli.

Meski begitu, ia tetap gemar belajar. Karena tidak bisa mendengar penjelasan dari dosen saat berkuliah di University of Sidney, Cornforth memutuskan untuk mempelajari kimia sendiri melalui buku teks.

Suatu hari di kampus, ia bertemu dengan rekannya yang juga ahli kimia, Rita Harradence yang memecahkan sebuah labu kimia di laboratorium. Harradence meminta Cornforth--yang pandai Kimia--untuk memperbaikinya.

Keduanya pun bermitra sekaligus menjalin kasih. Tahun 1939, keduanya mendapatkan beasiswa belajar di kampus Oxford dan menikah dua tahun kemudian. Kebersamaan keduanya juga membuahkan lebih dari 40 makalah ilmiah.

Sir John Conforth, ilmuan yang jadi Google Doodle hari ini (7/9/2017). (Sumber Foto: Famous People)

Di kampus barunya, Cornforth bergabung dengan tim yang mempelajari penisilin. Ia juga terus meneliti struktur tiga dimensi atau stereokimia dari berbagai reaksi kimia.

Pada tahun 1975, Cornforth menerima Nobel di bidang Kimia karena penelitian struktur tiga dimensi tersebut. Cornforth dan rekannya, Vladimir Prelog kembali mempelajari enzim yang mengaktifkan perubahan senyawa organik. Hasil penelitian ini berhasil membuka pintu bagi banyak penemuan, misalnya dalam pengembangan obat penurun kolesterol.

Karena karyanya memberikan banyak manfaat kepada jutaan manusia di dunia, Google pun turut merayakan ulang tahun ke-100 Cornforth melalui Google Doodle hari ini. Ia meninggal dunia di Britania Raya, 8 Desember 2012. Selain nobel di bidang kimia, ia juga mendapat beberapa penghargaan seperti Medali Copley, Medali Royal, dan Corday-Morgan Prize.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
5 Fakta Eduard Khil, Mr Trololo yang Jadi Google Doodle Hari Ini
Artikel Selanjutnya
Eduard Khil Tampil sebagai Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?