Sukses

Huawei Salip Apple Jadi Vendor Smartphone Terbesar ke-2 Dunia

Walau menduduki peringkat ke-2, Huawei harus bersiap menghadapi Apple karena akan meluncurkan iPhone 8 yang diprediksi laris manis.

Liputan6.com, California - Tahta vendor smartphone paling besar di dunia kini memang masih direngkuh Samsung. Sementara, posisi kedua diisi oleh Apple. Namun, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) tersebut sudah tak lagi berada di posisi runner up karena disalip Huawei.

Tercatat, per Juli 2017, Huawei mampu menaklukkan Apple sebagai vendor smartphone terbesar ke-2 di dunia. Laporan ini disampaikan oleh lembaga riset Counterpoint Research.

Sayang, Counterpoint tidak mengungkap detail angka penjualan dari masing-masing vendor. Walau demikian, merujuk dari data grafik yang dipublikasikan, pangsa pasar baik pada Apple dan Huawei di Juli 2017 berbeda tipis pada kisaran 12 persen.

Adapun Samsung yang ada di posisi puncak, pangsa pasarnya masih lebih dari 20 persen. Demikian dilansir The Verge, Kamis (7/9/2017).

Pun begitu, analis menilai posisi ke-2 yang diduduki Huawei bisa jadi tak akan lama mengingat Apple akan kembali mendobrak pasar dengan tiga varian baru iPhone, yakni iPhone 8, 7s, dan 7s Plus pada 12 September 2017.

Huawei sendiri sebetulnya juga sudah berancang-ancang untuk 'melawan' Apple dengan peluncuran smartphone terbarunya, Mate 10 dan Mate 10 Pro pada 16 Oktober 2017 di Jerman.

Seri Smartphone Huawei Terlalu Banyak

Walau didapuk sebagai vendor terbesar ke-2 di dunia, penjualan smartphone Huawei nyatanya masih loyo.

Smartphone Huawei tak masuk ke daftar sepuluh smartphone dengan penjualan terbaik pada periode Juli 2017 versi Counterpoint. Analis Counterpoint Pavel Naiya menilai, seri smartphone Huawei terlalu banyak.

"Sebaiknya, mereka merampingkan lini smartphone seperti yang sudah dilakukan Oppo dan Xiaomi. Jadi penjualannya lebih fokus," ujar Naiya.

Adapun iPhone 7 menduduki peringkat teratas dalam daftar 10 smartphone dengan penjualan terbanyak di Juli 2017. Setelahnya, menyusul Oppo R11, Oppo A57, serta Samsung Galaxy S8.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat tabel daftar 10 smartphone dengan penjualan terbanyak di Juli 2017 di bawah ini:

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.