Sukses

K8 Plus, Smartphone Lenovo dengan Lensa Ganda dan Android Stock

Liputan6.com, Jakarta - Tren kamera ganda tak dimungkiri sedang banyak diadopsi oleh sejumlah perusahaan smartphone dunia saat ini. Seakan tak mau ketinggalan, Lenovo pun kembali memperkenalkan smartphone terbarunya yang dibekali dengan kamera ganda.

Perusahaan asal Tiongkok itu baru saja meluncurkan K8 Plus yang hadir dengan lensa ganda di kamera utamanya pada sebuah gelaran di India. Adapun lensa utamanya beresolusi 13MP yang didukung lensa sekunder 5MP untuk menangkap efek depth of field dari obyek. 

Sementara untuk keperluan selfie, smartphone ini sudah dibekali dengan kamera depan beresolusi 8MP. K8 Plus menjalankan Android stock (bawaan) 7.1.1, sehingga hadir dengan bloatware yang lebih sedikit.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (8/9/2017), smartphone ini memiliki layar berukuran 5,2 inci 1080p yang dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Perangkat ini dipersenjatai MediaTek Helio P25, RAM 3GB, dan memori internal 32GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga 128GB.

Namun dalam waktu dekat, Lenovo juga berencana meluncurkan varian RAM 4GB dan memori internal 64GB. Perangkat ini telah didukung baterai berkapasitas 4.000mAh yang diklaim dapat bertahan hingga dua hari dalam sekali pengisian daya.

Selain K8 Plus, Lenovo turut memperkenalkan K8. Sesuai namanya, smartphone ini merupakan perangkat yang hadir dengan spesifikasi lebih rendah ketimbang K8 Plus.

Pada dasarnya, spesifikasi perangkat ini masih sama dengan K8 Plus, tapi ada sejumlah perbedaan, yakni K8 hanya memiliki satu kamera utama beresolusi 13MP. Selain itu, resolusi layar perangkat ini lebih rendah, yakni 720p dan hanya menggunakan MediaTek Helio P20. 

Rencananya, K8 Plus sudah mulai dijual bulan ini untuk pasar India dengan harga 10 ribu rupee atau sekitar Rp 2,2 juta. Sayangnya untuk K8, Lenovo belum mengumumkan harga termasuk ketersediaannya di pasaran.

1 dari 2 halaman

Beralih ke Android Stock

Sebagai informasi, K8 Plus dan K8 merupakan seri kedua smartphone Lenovo yang menjalankan Android stock sebagai sistem operasinya. Sebelumnya, perusahaan itu membenamkan Android stock untuk pertama kalinya di K8 Note. 

Kepindahan Lenovo yang sebelumnya menggunakan Vibe Pure UI--tampilan antarmuka khusus buatan Lenovo--menjadi Android stock sebenarnya telah diungkap Head of Marketing Lenovo India, Anuj Sharma beberapa waktu lalu. 

Menurut Sharma, alasan Lenovo hijrah ke tampilan antarmuka berdesain sederhana ini tak lain karena banyak konsumen meminta Lenovo untuk mengubah tampilan antarmuka Vibe Pure UI.

"Pergantian tampilan antarmuka ini turut memudahkan update di waktu mendatang. Kami bisa saja lebih cepat mendapatkan Android O karena salah satu alasannya adalah tampilan antarmuka Lenovo kini menggunakan Android murni," katanya ketika itu. 

Menggunakan Android stock sebagai tampilan antarmuka utama Lenovo, juga menjadi alasan untuk bisa sejalan dengan seri Moto yang diakuisisi Lenovo pada 2014. Sebab, seri Moto memang selalu hadir dengan tampilan khas Android murni. 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Saksikan Inspirato Bersama 3 Tokoh Inspiratif Indonesia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Adu Kamera Xiaomi Mi A1 vs Galaxy Note 8, Lebih Kece Mana?
Artikel Selanjutnya
Ini Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi A1