Sukses

Fitur Pemindai Wajah Galaxy Note 8 Bisa Dikelabui?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Note 8 resmi meluncur beberapa waktu lalu. Salah satu fitur menarik pada Galaxy Note 8 ini adalah teknologi pengenalan wajah (facial recognition) untuk membuka perangkat.

Namun, seperti dilansir The Sun, Kamis (7/9/2017), baru-baru ini seorang pakar teknologi bernama Mel Tajon mengunggah sebuah video di Twitter melalui akun @MelTajon.

Video singkat itu berisikan bagaimana Galaxy Note 8 dapat ter-unlock dengan menggunakan foto selfie.

Sebelumnya, kejadian ini juga dialami Galaxy S8. Kala itu, seorang jurnalis membuka kunci (unlock) S8 dengan foto wajahnya. Hal ini menjadi berisiko mengingat orang asing atau siapapun bisa membuka foto bermodalkan foto kita.


Tentu hal ini agak mengagetkan mengingat saat peluncuran resmi Galaxy S8, perusahaan asal Korea Selatan ini menegaskan bahwa fitur pemindai wajah ini aman.

"Galaxy S8 menghadirkan otentikasi biometrik tingkat tertinggi dari pemindai iris dan pembaca sidik jari," ujar Samsung saat itu.

Meski demikian, Samsung mengkalim telah memberi peringatan mengenai hal ini. Saat ingin mendaftarkan wajah di Samsung sebuah layar notifikasi akan muncul. Salah satunya berisi peringatan kalau smartphone bisa dibuka oleh orang lain atau sesuatu yang mirip kita.

(Theofilus Ifan Sucipto/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Adu Kamera Xiaomi Mi A1 vs Galaxy Note 8, Lebih Kece Mana?
Artikel Selanjutnya
Teaser Galaxy C8 Ungkap Kehadiran Dual Kamera Belakang