Sukses

Bukalapak dan Kemkominfo Gelar UMKM Go Online

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak bekerjasama dengan Direktorat Pemberdayaan Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk meningkatkan produktivitas dan pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui platform digital. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan menggelar roadshow edukasi agar pelaku UMKM dapat berjualan secara online.

Kerjasama ini merupakan bentuk dukungan Bukalapak kepada pemerintah, melalui program Kemenkominfo yaitu "UMKM Go Online" untuk seluruh wilayah Indonesia. Rangkaian roadshow dan edukasi ini diadakan di beberapa kota dan kabupaten mulai dari Agustus 2017 hingga Desember 2019.

Kegiatan ini mengundang lebih dari 250 peserta umum. Target dari edukasi UMKM Go Online sebanyak 20 ribu UMKM. Mereka akan dibekali bimbingan untuk mendigitalisasi bisnis, mulai dari proses pengenalan online hingga pemasaran bisnis secara online. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan kesempatan bergabung bersama Bukalapak dan menjadi pelapak serta anggota komunitas Bukalapak.

"Kami melihat tengah terjadi perubahan perilaku belanja masyarakat di Indonesia, dari konvensional menjadi online. Hal ini karena bisnis online tengah diminati oleh masyarakat luas," ujar Head of Community Management Bukalapak, Muhammad Fikri dalam keterangan resminya, Jumat (8/9/2017) di Jakarta.

"Melalui kegiatan roadshow ini, kami ingin mengedukasi para pelaku UMKM, yang tersebar di seluruh Indonesia, agar dapat memanfaatkan platform online untuk lebih kreatif dalam memasarkan produk-produk mereka serta mengembangkan dan mendukung usaha mereka dengan menghubungkan mereka dengan calon pembeli," sambungnya.

Penyerahan penghargaan oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Septriana Tangkary dan diterima oleh Community Program and Partnership Manager Bukalapak Brihaspati Yogarudha (Foto: Bukapalak)Dukungan pemerintah ini diharapkan bisa membuat lebih banyak UMKM di berbagai pelosok daerah untuk melek digital dan jumlahnya bisa terus bertambah. Pada tahun ini, Bukalapak telah berhasil merangkul hampir dua juta pelapak untuk bergabung dan meningkatkan kinerja mereka di era digital, serta memiliki komunitas yang tersebar di 70 kota di Indonesia.

Kasubdit Peningkatan Kapasitas TIK, Dlt.PI Kemenkominfo, Harry Hartono, menyambut baik kerjasama ini. Ia berharap kerjasama ini dapat mengajak sekira delapan juta UMKM ke ranah online dengan tujuan untuk memajukan, meningkatkan inovasi dan daya saing serta produktivitas mereka.

"Kegiatan roadshow ini merupakan salah satu bentuk nyata dari program UMKM go online yang memiliki tujuan untuk mewujudkan visi Digital Energy of Asia," tutur Harry.

Lebih lanjut, komunitas Bukalapak juga tergolong aktif dalam memberikan edukasi kepada UMKM yang belum terakses digital atau kepada UMKM yang omset penjualannya masih rendah.

Program yang diberi nama Program Kelas Komunitas ini adalah sebuah program dari komunitas Bukalapak untuk komunitas, dimana pemberi materi adalah para korlap ataupun pelapak senior yang mempunyai badge minimal Calon Juragan.

Para pelapak komunitas Bukalapak akan memberi materi dan membimbing selama tiga bulan. Program ini dibuat dengan tujuan meningkatkan omset, menambah anggota komunitas, serta mempererat anggota komunitas di masing-masing regional.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Telkomsel Hadirkan Platform Iklan untuk Segmen UKM
Artikel Selanjutnya
OLX Indonesia Tunjuk Olaf Van Schagen sebagai CEO