Sukses

Kejar Target, Google Latih 25 Ribu Developer di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Google pernah mengumumkan komitmennya melatih 100 ribu developer Indonesia hingga 2020. Komitmen ini disampaikan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke markas Google di Mountain View, California, Amerika Serikat pada Februari 2016.

Menurut Shinto Nugroho, Head of Public Policy and Government Relation Google Indonesia, saat ini Google sudah melatih setidaknya 25 ribu pengembang Android di Indonesia.

"Dari 100 ribu developer hingga tahun 2020 yang sebelumnya ditargetkan saat kunjungan Presiden Jokowi ke Silicon Valley, sekarang sudah ada 25 ribu," kata Shinto saat gelaran Android Hackathon di Jakarta, Kamis (7/9/2017) malam.

Shinto mengatakan, saat itu komitmen Google diumumkan pada Februari 2016 dan mulai direalisasikan sejak semester 2 2016. Dengan pencapaian melatih 25 ribu developer, Shinto percaya Google bisa merealisasikan target melatih 100 ribu developer Android di Indonesia.

Shinto mengatakan, penggunaan internet di Indonesia yang kian masif memang perlu diiringi dengan mencetak banyak developer.

"Dengan begitu, ketakutan bahwa orang Indonesia hanya menjadi pengguna bisa dipatahkan karena mulai banyak yang menjadi kreator," tuturnya.

Sekadar diketahui, upaya pelatihan developer di Indonesia oleh Google salah satunya dilakukan dengan program Indonesia Android Kejar (kelompok belajar). Program ini berdasarkan kurikulum yang sudah dimiliki Google, namun disesuaikan agar bisa diaplikasikan di Indonesia.

Kurikulum tersebut juga telah dirancang agar bisa dipakai oleh pengguna di berbagai usia. "Kurikulum yang dikustom ini bisa dipakai oleh peserta yang berusia 13 tahun sampai yang sudah hampir pensiun. Jadi ada tahap untuk beginner, intermediate, hingga advance," katanya.

Selain itu, untuk mencapai target melatih 100.000 developer di Indonesia, Google juga bekerja sama dengan 80 universitas, baik negeri maupun swasta di Jawa, Bali, dan Sumatera yang kampusnya memiliki Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) atau jurusan Ilmu Komputer.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Garena Helat Turnamen Arena of Valor Berhadiah Rp 7 Miliar
Artikel Selanjutnya
Lambat Buka Toko Retail di Indonesia, Ini Alasan Xiaomi