Sukses

Intip Megahnya Steve Jobs Theater, Lokasi Peluncuran iPhone 8?

Liputan6.com, Cupertino - iPhone 8 dipastikan bakal 'lahir' pada 12 September 2017. Menjelang peluncurannya, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) tersebut pun tengah menyiapkan tempat di mana iPhone 8 bakal diperkenalkan.

Diketahui, peluncuran iPhone 8 akan berlokasi di Steve Jobs Theater. Gedung ini akan berada di bawah tanah Apple Park, markas baru Apple di Cupertino, AS.

Steve Jobs Theater sendiri akan mengusung konsep auditorium megah. Dari luar, Steve Jobs Theater menempatkan gedung kecil yang melingkar dengan dinding kaca. Di kiri dan kanannya ada tangga menurun ke bawah untuk akses ke dalam ruang auditorium yang bisa menampung 1.000 orang di dalamnya.

Apple memang belum memperlihatkan secara gamblang gambaran auditorium Steve Jobs Theater. Namun, menurut keterangan yang dimuat di laman The Verge, Jumat (8/9/2017), denah Steve Jobs Theater bocor dari seorang analis Neil Cybart. Pada denah tersebut, ruang auditorium akan dilengkapi dengan dua elevator dan mengusung konsep sirkular.

Karena mengusung konsep sirkular, panggung utama auditorium akan menggunakan teknologi canggih yang nantinya bisa berputar dan langsung membawa pengunjung ke ruangan demonstrasi produk. Di situ, mereka bisa langsung merasakan pengalaman pertama menjajal iPhone 8.

Belum bisa dipastikan 'semegah' apa Steve Jobs Theater. Kita hanya bisa melihat langsung saat Apple mengumumkan peluncuran iPhone 8 dan produk lainnya pada 12 September 2017.

Yang pasti, auditorium ini akan menjadi lokasi yang akan digunakan untuk memperkenalkan produk dan inovasi terbaru Apple di waktu mendatang.

Di Luar Apple Park

Meski akan ada di dalam komplek Apple Park, Steve Jobs Theater sendiri lokasinya justru ada di luar gedung Apple Park. 

Apple Park adalah gedung raksasa dengan arsitektur melingkar seperti UFO. Maka tak mengherankan, Apple Park sering dijuluki sebagai gedung UFO.

Kini, pembangunan Apple Park sudah mencapai tahap akhir. Pada tahap sebelumnya, bangunan dan lanskap interiornya sudah rapi. Selain itu juga terdapat panel solar yang menutupi bagian atap gedung.

Melihat kemegahan Apple Park, tentu biaya pembangunan gedung memakan jumlah besar. Apple disebut-sebut menghabiskan sekitar US$ 5 miliar atau Rp 66,6 triliun.

Nantinya, di tengah-tengah gedung UFO ada taman besar dengan danau, membentang hijau, dan asri. Sekadar informasi, Apple Park digagas oleh pendiri Apple Steve Jobs.

Sekitar 12.000 karyawan Apple dikabarkan bakal dipindahkan ke area perkantoran yang memakan lahan 175 hektar ini. Proses perpindahan akan memakan waktu enam bulan, jadi tidak semua 12.000 karyawan langsung dipindahkan dalam satu kloter.

Apple Park yang dulunya dinamai Apple Campus 2 dipastikan punya sejumlah fasilitas mewah sekelas hotel bintang lima. Selain gedung inti, Apple Park memiliki terowongan raksasa yang digunakan untuk lahan parkir, fasilitas outdoor seperti jogging track, kolam renang, taman, restoran, coffee shop, dan beberapa gedung lainnya.

Area perkantoran ini juga disebut sebagai 'kota kecil Apple' karena jika dilihat dari tahap pembangunannya, gedung itu tak sekadar berfungsi sebagai 'kantor', melainkan juga menjadi sebuah fasilitas raksasa Apple di mana semua aktivitas berlangsung di sana.

Selain fasilitas riset dan pengembangan, Apple Park juga akan dilengkapi fasilitas kebugaran dengan luas 9.290 meter persegi. Bangunan raksasa ini juga bakal mendapatkan dua buah lokasi parkir yang dapat memuat 11.000 mobil.

Awal mula ide pembangunan markas baru Apple ini tercetus oleh Steve Jobs pada 2011. Apple Park bakal menggunakan panel solar untuk memberikan setidaknya 75 persen energi listrik ke fasilitas-fasilitas lain.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Inspirato Bersama 3 Tokoh Inspiratif Indonesia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia di Balik Undangan Peluncuran Produk iPhone
Artikel Selanjutnya
Ada Pesan Rahasia di Undangan iPhone 8 yang Apple Sebar?