Sukses

Atur Fungsi Otomatis di Android, Bagaimana Caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berjalannya waktu, Android tak dimungkiri telah berkembang menjadi semakin mumpuni. Fitur dan kemampuan sistem operasi yang identik dengan karakter robot hijau ini pun tak dimungkiri kian pintar.

Salah satu fitur yang sebenarnya cukup membantu untuk pengguna Android adalah pengaturan otomatis. Sesuai namanya, pengaturan ini memungkinkan pengguna Android menjalankan sejumlah fungsi secara otomatis. 

Sayangnya, tak semua pengguna Android mengatahui fitur ini. Padahal, fitur otomatis ini dapat memudahkan para pengguna dalam aktivitas sehari-hari.

Karenanya, artikel ini akan mengupas sejumlah pengaturan otomatis yang dapat dilakukan di perangkat Android. Apa saja fitur itu? Simak daftarnya yang sudah dikutip dari laman Android Autorithy, Sabtu (9/9/2017).

1. Do Not Distrub

Fitur ini dapat membantu kamu yang ingin menikmati waktu tanpa gangguan dari telepon dan pesan singkat saat sedang berlibur atau sekadar ingin beristirahat.

Pada dasarnya, fitur ini memungkinkan kamu mengatur waktu agar perangkat berada dalam modus senyap dalam satu hari. Tak hanya itu, kamu dapat membuat jadwal harian untuk fitur ini aktif.

Cara mengaktifkannya pun mudah. Kamu cukup membuka pengaturan di menu 'Sound' (nama menu ini bisa berbeda-beda tergantung model'.

Setelah itu, kamu tinggal melakukan pengaturan kapan fitur ini aktif, mulai dari jam, hari, termasuk notifikasi yang masih diperbolehkan muncul.

1 dari 2 halaman

2. Backup foto dan video

Dengan mengaktifkan fitur otomatis untuk pencadangan (backup) foto dan video berbasis penyimpanan awan (cloud), kamu dipastikan tetap dapat mengaksesnya apabila perangkat tiba-tiba rusak atau hilang.

Untuk memulai proses otomasi proses backup foto dan video, kamu dapat membuka aplikasi Google Photos. Kami memilih Google Photos karena aplikasi ini sudah menjadi barang wajib di Android. 

Setelah aplikasi terbuka, pilih opsi 'Settings' di bagian kanan layar. Lalu, kamu tinggal mengaktifkan fitur 'Back up & sync'.

Satu hal penting adalah kamu dapat secara otomatis pula mengosongkan memori di perangkat dengan fitur 'Free up device storage' yang ada di aplikasi.

Lewat fitur ini, Photos akan secara otomatis menghapus foto atau video yang sudah dicadangkan sehingga memori perangkat akan kembali lega.

3. Smart Lock

Fitur ini membantu pengguna perangkat Android yang tak ingin kerepotan membuka smartphone dengan PIN, pattern, atau pemindai sidik jari saat berada di tempat yang sekiranya aman, seperti rumah.

Tertarik mencobanya? Kamu cukup membuka 'Settings' dan pilih menu 'Security & fingerprint' (nama menu dapat berbeda di tiap perangkat). Setelah itu, pilih dan buka opsi 'Smart Lock'.

Di dalamnya, kamu akan menemukan beragam kondisi yang membuat perangkat dapat otomatis terbuka, mulai dari berdasarkan lokasi hingga suara. Kamu cukup mengatur opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

(Dam/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
6 Aplikasi di Gawai Bikin Karier Makin Cemerlang
Artikel Selanjutnya
6 Pengaturan Pintar Ini Bikin Android Kamu Super Canggih