Sukses

5 Gim MOBA Pilihan untuk Android dan iOS

Liputan6.com, Jakarta - Genre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) untuk perangkat mobile memang terbilang baru. Sebelumnya, genre ini lebih populer di kalangan pengguna PC, dengan judul yang sudah tak asing seperti League of Legends dan DOTA 2.

Namun, seiring perkembangan, genre ini pun mulai merambah ke perangkat mobile. Kini, pengguna perangkat Android dan iOS dapat dengan mudah menemukan gim yang mengusung genre MOBA.

Bahkan, sejumlah gim sudah mulai dipertandingkan dalam bentuk kompetisi eSports dengan hadiah yang cukup menjanjikan. Kendati demikian, tak seluruh pengguna perangkat mobile sudah mengetahui daftar gim MOBA yang ada di luar sana.

Untuk itu, Tekno Liputan6.com menghimpun sejumlah gim genre MOBA yang dapat dimainkan para pengguna perangkat mobile. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

1. Vainglory

Gim ini pertama kali diluncurkan pada 2015 dan berhasil menuai respons positif sebagai salah satu gim MOBA pilihan untuk perangkat mobile. Bahkan, tak sedikit yang menyebut gim ini merupakan penerus League of Legends dan DOTA 2 untuk mobile.

Kepopuleran Vainglory pun berhasil membawanya menyelenggarkan kompetisi profesional. Gelaran kompetisi dunia tahun ini akan diselenggarakan di Singapura.

Vainglory makin banyak diminati oleh gamer diseluruh dunia. (TouchArcade)

Gim ini memiliki 25 pilihan hero yang dapat dimainkan. Sedikit berbeda dari gim yang memanfaatkan kontroler virtual, Vainglory memilih gaya permainan ketuk (tap) karena dianggap paling sesuai untuk perangkat mobile.

1 dari 3 halaman

2. Mobile Legends: Bang-Bang

Mobile Legends saat ini merupakan salah satu gim MOBA paling populer di Indonesia. Gim yang mengusung gaya permainan lima lawan lima ini pertama kali diluncurkan pada 2016 oleh Shanghai Moonton Technology Co Ltd.

Sama seperti gim lainnya, gim ini menawarkan banyak karakter yang dapat dimainkan. Bahkan dalam versi terbaru, karakter dari asli Indonesia, Gatotkaca, juga berlaga dalam gim ini.

Namun beberapa waktu lalu, gim ini sempat menuai masalah. Alasannya, Moonton dituduh melakukan plagiat dari gim League of Legends. Kabar itu pun segera ditepis oleh perusahaan asal Tiongkok tersebut.

3. Arena of Valor

Gim yang sebelumnya bernama Mobile Arena ini hadir di Indonesia mulai pertengahan 2017. Adalah Garena Indonesia yang memboyong gim besutan Tencent ini untuk gamer di Indonesia.

Hadir dalam format serupa Mobile Legends dan 5v5, Arena of Valor juga sudah menggelar kompetisi profesional. Bahkan untuk kompetisi terbaru, Garena sudah menyiapkan hadiah dengan total mencapai Rp 7 miliar.

Beragam karakter anyar pun dijanjikan akan hadir di gim ini. Terbaru, karakter dari DC Comics, Batman, menambah daftar jajaran hero yang berlaga di Arena of Valor.

2 dari 3 halaman

4. Ace of Arenas

Gim besutan Gaea Mobile Limited ini kerap disebut-sebut sebagai jawaban untuk pemain DOTA 2 yang mulai beralih ke mobile. Sebab, gim ini menawarkan grafis dan kontrol unik yang tak kalah dari gim PC tersebut.

Apabila kamu mencari gim alternatif selain tiga gim yang disebutkan sebelumnya, Ace of Arenas dapat menjadi pilihan. Terlebih, gim ini menjanjikan pengalaman bermain yang lebih intens.

5. Heroes of Order and Chaos

Gim besutan Gameloft ini dapat dikatakan sebagai salah satu pionir gim MOBA untuk mobile. Heroes of Order and Chaos yang pertama kali meluncur pada 2012 ini juga menawarkan grafis yang menarik.

Saat ini ada sekitar 57 hero dari beragam fungsi yang dapat dimainkan. Bagi kamu yang tertarik, gim ini juga memiliki sejumlah opsi permainan, yakni 3v3, 5v5, dan Steampunk 5v5.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Microsoft Konfirmasi Penggunaan Keyboard dan Mouse di Xbox One
Artikel Selanjutnya
Gim Anyar Nintendo Switch Bakal Gunakan MicroSD?