Sukses

Google Akan Tutup Layanan Drive Versi Mac dan PC

Liputan6.com, Jakarta - Masa berlaku aplikasi Google Drive untuk PC dan Mac tinggal menunggu waktu. Hal itu dipastikan setelah Google mengumumkan akan menutup layanan Drive versi Windows dan Mac. 

Melalui laman blog-nya, Google menyebut perusahaan akan menghentikan dukungan untuk layanan ini pada 11 Desember 2017 dan aplikasi akan ditutup sepenuhnya pada 12 Maret 2018.

Namun perlu diingat, bukan berarti Google menghentikan layanan Drive untuk komputer. Perusahaan hanya menutup aplikasi Drive untuk PC atau Mac, dan menggantinya dengan aplikasi lain yang menawarkan kemampuan serupa.

Dikutip dari The Verge, Minggu (10/9/2017), ada dua aplikasi yang ditawarkan Google untuk layanan penyimpanan awan (cloud) bagi  pengguna PC atau Mac. Aplikasi pertama adalah Backup and Sync.

Pada dasarnya, aplikasi ini adalah gabungan dari Google Photos dan Google Drive untuk desktop yang sebelumnya terpisah. Karena itu, aplikasi ini memiliki fungsi sama dengan pendahulunya.

Sementara untuk pengguna korporasi, Google menawarkan layanan Drive File Stream. Layanan ini membantu pengguna mengakses seluruh file di Google Drive tanpa membebani memori komputer. 

"Ucapkan selamat tinggal pada waktu yang dibutuhkan untuk proses sinkronisasi dan mengkhawatirkan memori komputer," ujar Google. Hal ini dimungkinkan karena pengguna dapat mengakses file Drive langsung di komputer. 

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mengakses Drive publik yang dimiliki perusahaan. Namun kedua layanan ini tak dapat dipasang sekaligus, sehingga pengguna harus memilih salah satu di antaranya.

Sekadar informasi, aplikasi Backup and Sync sebenarnya baru saja meluncur pada Juli 2017. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mencadangkan dan menyinkronisasikan seluruh data di PC atau Mac ke Drive.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Windows 10 Fall Creator Update Mulai Bergulir 10 Oktober 2017
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik