Sukses

Telkom: ATM di Indonesia Kembali Online 100 Persen

Liputan6.com, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memastikan bahwa 100 persen layanan konektitas pelanggan sudah kembali normal. Dengan demikian, seluruh ATM di Indonesia sudah kembali online.

Pada Minggu (10/9/2017) pukul 20.00 WIB, Telkom menegaskan telah berhasil menyelesaikan pemulihan konektivitas sebanyak 14.689 sites dari total 15.019 sites layanan pelanggan Satelit Telkom 1.

"Alhasil, 98 persen layanan konektivitas pelanggan telah berfungsi normal pukul 20.00 WIB. Kami optimistis akan tuntas 100 persen pada malam ini," ujar Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga saat Konferensi Pers Penyelesaian pemulihan Layanan Satelit Telkom 1 di Graha Merah Putih, Jakarta.

Alex melanjutkan, service recovery ini berhasil dituntaskan berkat dukungan dari berbagai pihak. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada 2.195 petugas yang selalu siap siaga.

“Atas nama Manajemen Telkom, saya ucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Kementrian BUMN RI, Kementrian Kominfo RI, BRTI, Bank Indonesia, OJK, YLKI, para pelanggan dan mitra bisnis, rekan-rekan media serta masyarakat Indonesia," kata Alex.

"Dan tentunya, secara khusus saya menyampaikan apresiasi kepada 2.195 petugas yang selalu siaga dan bekerja keras selama 7 x 24 jam,” sambungnya.

Penyelesaian pemulihan layanan yang dilakukan Telkom hingga saat ini dapat berjalan dengan lancar atas kerja sama dengan para pelanggan. Beberapa di antaranya Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BRI telah memberikan pernyataan resmi atas pulihnya layanan yang terdampak gangguan Satelit Telkom 1.

Sementara itu, hasil koordinasi antara Telkom dengan Manajemen Bank BCA pada hari ini pukul 17.30 WIB disimpulkan bahwa sistem konektivitas untuk layanan ATM telah pulih secara keseluruhan. Beberapa aspek operasional untuk memfungsikan sejumlah mesin ATM masih berlangsung untuk memastikan seluruh mesin ATM berfungsi normal seperti sedia kala.

Layanan ATM Bank Mandiri yang terdampak gangguan Satelit Telkom 1 juga dipastikan sudah pulih 100 persen. Begitu juga dengan ATM milik BRI dan BTN.

Dari total 15.019 sites layanan pelanggan, terdapat 11.574 sites layanan ATM dan 3.445 layanan Non ATM. Untuk mempercepat recovery sejumlah sites yang mengalami kendala pada saat proses repointing antena, Telkom menggunakan solusi sementara dengan dua teknologi alternatif, yaitu sebesar 5 persen sites menggunakan jaringan fiber optik dan 14 persen sites menggunakan sistem Machine to Machine (M2M).

Mekanisme pemulihan dilaksanakan oleh para petugas di seluruh Indonesia berdasarkan target yang telah ditetapkan Crisis Center Nasional. Dengan adanya sistem pemulihan yang terstruktur ini, seluruh proses recovery terorganisir dengan baik dan terkawal ketat.

(Isk/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Telkom Kerahkan 2.195 Teknisi untuk Pulihkan 3.916 ATM Offline
Artikel Selanjutnya
Satelit Telkom 4 Bisa Meluncur Lebih Cepat?