Sukses

Firmware iOS 11 Bocorkan Nama Resmi iPhone Teranyar

Bukannya iPhone 8, perangkat yang menandai 10 tahun iPhone akan diberi nama iPhone X, dan rilis bersamaan dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Liputan6.com, Jakarta - Apple akan merilis perangkat iPhone spesial pada Selasa 12 September 2017, waktu California, Amerika Serikat. iPhone yang dimaksud merupakan smartphone yang diluncurkan untuk menandai usia iPhone yang ke-10.

Sejauh ini, beredar sejumlah bocoran mengenai hardware dan fitur-fitur yang ada pada iPhone, yang sering disebut sebagai iPhone 8. Mengutip The Verge, Senin (11/9/2017), kini terkuak Apple akan merilis smartphone kelas atasnya yang bernama iPhone X. Hal ini berdasarkan pada bocoran firmware iOS 11.

Seorang developer iOS, Steven Troughton-Smith, baru-baru ini menemukan iPhone X terhubung ke sebuah smartphone dengan codename D22 dan memiliki layar bezel-less.

Hal itu jadi indikator terkuak Apple akan merencanakan penamaan khusus untuk menandai 10 tahun iPhone. Troughton-Smith juga menemukan, nama iPhone 8 dan iPhone 8 Plus ada pada firmware iOS 11. Menurutnya, Apple tidak berencana menggunakan merek dagang S --seperti iPhone 7S-- dan akan langsung beralih ke iPhone 8 untuk smartphone layar non-OLED-nya.

Sejauh ini, sudah banyak sebutan yang diduga bakal jadi nama bagi perangkat berlayar OLED Apple, misalnya saja iPhone Edition, iPhone Pro, hingga iPhone 8.

Firmware iOS 11 yang jadi sumber bocoran penamaan iPhone edisi 10 tahun itu disebut-sebut sebagai firmware final iOS 11. Namun Apple masih bisa mengubah software-nya sebelum iPhone X benar-benar tersedia di toko dan mungkin saja menamakannya dengan nama lain.

Selain itu, banyak rumor yang menyebut pengiriman iPhone X berpotensi tertunda karena kekurangan layar OLED, dan Apple pun terdesak untuk segera menemukan pemasok layar OLED selain Samsung.

Jika pengiriman iPhone X lebih lambat dari dua model lainnya, Apple mungkin akan memiliki lebih banyak waktu untuk menyesuaikan namanya di pembaruan iOS 11 berikutnya.

Sekadar diketahui, iPhone edisi 10 tahun tersebut diisukan akan dijual lebih dari US$ 1.000 atau sekitar Rp 13 jutaan.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.