Sukses

The NextDev Academy di Bandung Sedot Atensi

Liputan6.com, Jakarta - Helatan kompetisi startup dari Telkomsel, The NextDev Academy 2017, di Bandung menyedot animo hingga lebih dari 150 peserta. Dalam pelaksanaan di 23 Paskal Mall, Pasirkaliki, Bandung tersebut, sekitar 30 peserta startup baru langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti sesi Rocket Pitching.

General Manager Sales Regional Jabar Telkomsel Agustiyono mengatakan, The NextDev Academy merupakan upaya dukungan Telkomsel untuk para wirausaha bidang digital agar dapat menghadirkan solusi optimal bagi kendala yang ditemukan di lingkungan sosial, rutinitas keseharian, transportasi hingga kesehatan.

"Kami sangat mengapresiasi niat besar para digipreneurship dari berbagai bidang untuk berpartisipasi dalam kegiatan selama dua hari ini," katanya di sela-sela acara, akhir pekan lalu.

Pada hari pertama showcase, sepuluh besar finalis The NextDev Academy 2017 tersebut melakukan demo dan team pitching untuk menginspirasi pengunjung dengan aplikasi yang mereka kreasikan.

Di hari kedua, ada kegiatan rocket pitching untuk menjaring calon finalis Kompetisi The NextDev 2017. Pendaftaran rocket pitching dibuka sebelum roadshow untuk 20 pendaftar dengan masing-masing tim beranggotakan maksimal tiga orang.

Masing-masing peserta diberi waktu tiga menit untuk mempresentasikan ide aplikasi yang memaparkan masalah, solusi, dan model bisnis untuk isu perkotaan. Adapun topik yang bisa dipilih sesuai kategori Kompetisi The NextDev 2017, yakni e-Health (kesehatan), e-Education (edukasi), e-Agriculture (agrikultur), dan e-Transportation (transportasi). 

Dua peserta terbaik dalam rocket pitching di masing-masing kota memperoleh hadiah spesial. Peserta terbaik pertama berhak atas golden ticket menuju 20 besar The NextDev 2017 serta saldo TCASH sebesar Rp 3 juta. Sementara itu, peserta terbaik kedua meraih tiket ke tahap 100 besar kompetisi yang sama dan saldo TCASH sebesar Rp 1 juta.

Aktivitas ini juga menampilkan sepuluh finalis kompetisi The NextDev pada 2015 dan 2016, yakni Eragano, Kostoom, Gandeng Tangan, Vestifarm, Jejakku, The Denim Club, Habibi Garden, Juru Parkir, Kredibel, dan Angkuts.

Kegiatan ini juga diisi sesi talkshow yang menghadirkan para praktisi di industri startup, yakni Yoris Sebastian (Founder & Creative Thinker OMG Consulting), Iman Usman (Co-Founder & CEO RuangGuru), Dennis Adhiswara (CEO Layaria), Gibran Huzaifah (Founder & CEO eFishery), Peter Shearer (Managing Director AR & Co), dan Yansen Kamto (Founder Kibar).

"Dengan potensi pasar di generasi muda Kota Bandung mencapai lebih dari 1,6 juta pelanggan serta pertumbuhan utilisasi trafik data mencapai 168 persen dibandingkan tahun lalu, Telkomsel berharap NextDev bisa menghadirkan aplikasi solutif dan menginspirasi," pungkasnya.

(Msu/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: