Sukses

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan dengan iPhone Jadul

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, Apple selalu meluncurkan iPhone versi terbaru. Hal itu tentu mendorong pengguna terutama fanboy (sebutan pecinta produk Apple) untuk berganti perangkat dengan jarak yang tak terlalu lama. 

Menurut perkiraan, hanya butuh dua tahun bagi seseorang untuk memiliki perangkat anyar. Namun setelah memiliki iPhone baru, pengguna kerap bingung menentukan apa yang harus dilakukan dengan perangkat lamanya. 

Ada banyak pilihan yang dapat diambil, seperti dijual atau pun dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan lain. Akan tetapi, tak banyak yang memilih memanfaatkannya iPhone lawas untuk fungsi lain karena nyatanya tak seluruh pengguna mengetahui fungsi lain dari iPhone

Untuk itu, Tekno Liputan6.com merangkum informasi dari Time, Rabu (13/9/2016), seputar fungsi terpendam dari iPhone jadul. Apa saja fungsi tersebut, simak informasinya di bawah ini.

1. Pengganti iPod

Pada dasarnya, iPhone adalah iPod yang memiliki kamera dan mendukung jaringan seluler. Karena itu, saat tak lagi digunakan, iPhone sebenarnya dapat menjadi pemutar musik biasa alias iPod.

Kamu dapat mengunduh beragam aplikasi streaming musik, seperti Spotify dan Apple Music untuk menjadikannya sebagai iPod. Tak hanya itu, kamu juga dapat mengisi beragam konten, seperti video dan musik melalui iTunes di perangkat tersebut.

2. Jadi asisten virtual

Tertarik mempunyai asisten virtual di rumah? Kamu sebenarnya dapat memanfaatkan iPhone lawas untuk melakukan hal tersebut. Namun sebelum melakukan ini, kamu harus memakai iPhone yang sudah mendukung Siri.

Caranya pun cukup mudah. Kamu cukup meletakkan iPhone di bagian rumah yang mudah dijangkau dan aktifkan fitur 'Hey Siri'. Setelah itu kamu dapat memintanya untuk membuat pengingat, mencari informasi di internet, atau sekadar membaca pesan.

1 dari 2 halaman

3. Hiburan untuk anak-anak

Meski kamu menggunakan iPhone lawas, bukan berarti perangkat itu tak dapat berguna sama sekali. Kamu dapat mengubahnya menjadi perangkat hiburan bagi anak-anak dengan mengunduh sejumlah aplikasi.

Selain mengunduh aplikasi atau gim khusus anak-anak, kamu juga dapat membatasi aksesnya agar tak membuka informasi atau mengunduh aplikasi yang tak sesuai dengan umurnya. Untuk melakukan hal tersebut, kamu mengaturnya melalui menu Settings.

4. Kamera keamanan

Kamera di iPhone lawasmu mungkin tak sebagus versi terkini, tapi setidaknya dapat digunakan untuk menangkap kondisi sekitar. Karenanya, kamu dapat memanfaatkan kamera iPhone tersebut sebagai kamera keamanan.

Berbekal aplikasi seperti Manything dan Presence, kamu dapat membuat perangkat tersebut menyiarkan secara langsung kondisi tempat yang ingin diawasi. Ingin mendapatkan fitur lebih beragam, kamu cukup membayar fitur premium di aplikasi tersebut.

5. USB portabel

Siapa sangka kamu bisa menjadikan iPhone jadul sebagai media penyimpanan eksternal portabel. Kamu dapat menyimpan beragam di dalamnya, termasuk dokumen, video, dan audio untuk beragam keperlua.

Cukup gunakan aplikasi seperti File Manager untuk mengatur dan menempatkan beragam file tersebut sehingga lebih rapi. Apabila diperlukan, file tersebut juga dapat diakses melalui laptop atau PC-mu.

(Dam/Isk)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: 

Saksikan Inspirato Bersama 3 Tokoh Inspiratif Indonesia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Pengaturan Pintar Ini Bikin Android Kamu Super Canggih
Artikel Selanjutnya
Tonton Perjuangan Indonesia dengan Sinyal Kuat