Sukses

Tips Bikin Lega Memori iPhone Tanpa Hapus Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu masalah yang kerap menghantui pengguna smartphone adalah kapasitas memori yang kian terkuras. Apalagi bagi pengguna iPhone, hal ini merepotkan karena tidak bisa menggunakan memori eksternal.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara untuk membuat memori iPhone lega. Sudah ada beragam tips untuk menghemat memori. Namun biasanya tips itu mengharuskan kita menghapus aplikasi. Padahal ada cara lain yang lebih efisien hanya bermodalkan iTunes.

Dikutip dari lama The Sun, Rabu (13/9/2017), ada tiga langkah praktis untuk melakukannya. Tidak percaya? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Cek Memori iPhone

Langkah pertama adalah mengecek kapasitas memori iPhone yang tersedia. Caranya pergi ke Settings > General > About. Kemudian lihat sisa memori yang tersedia di kolom Available.

2. Buka iTunes

Setelah melihat kapasitas memori, buka iTunes. Tergantung dari sisa kapasitas memori, pilih film yang ukurannya lebih besar dari memori yang tersedia.

Misalnya, sisa kapasitas memori iPhone 9.27 GB, kamu bisa pilih drama tahun 1963 yaitu Cleopatra sebesar 9.7 GB. Kamu juga bisa memilih salah satu seri The Lord of The Rings karena ukurannya yang besar.

Setelah itu klik Rent sebanyak dua kali. Kamu tidak perlu khawatir dikenakan biaya karena memori iPhone tidak cukup, sehingga film tidak akan terunduh.

 

1 dari 2 halaman

3. Memori Makin Lega

Setelah iPhone mendeteksi memori kurang cukup, akan muncul layar notifikasi yang berisi informasi bahwa iPhone kamu tidak memiliki memori yang cukup. Setelah itu, cek lagi memori iPhone seperti langkah pertama. Voila! Kapasitas memori bertambah beberapa MB di kolom Available.

Lantas, bagaimana cara kerjanya? Meski belum diketahui pasti, namun diduga sistem operasi Apple membersihkan penyimpanan data dalam aplikasi.

Misalnya, saat mendengar preview lagu di iTunes, tanpa disadari hal ini memakan memori. Data seperti inilah yang dibersihkan sistem iPhone.

4. Tambahan Informasi

Sebagai catatan, hasil tiap iPhone akan beragam. Ada yang berhasil menambah ratusan MB, beberapa GB, bahkan tidak menambah memori sama sekali.

Sebagian besar iPhone yang sukses adalah pengguna iPhone model lama dengan memori internal 16GB. Meski begitu, ada juga beberapa pengguna iPhone 7 yang berhasil menggunakan cara ini.

Selamat mencoba!

(Theofilus Ifan Sucipto/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut ini

 

 

Artikel Selanjutnya
6 Pengaturan Pintar Ini Bikin Android Kamu Super Canggih
Artikel Selanjutnya
Cari Tahu Unfollower di Instagram Kamu dengan Cara Ini