Sukses

Adu Smartphone Dual Kamera Galaxy Note 8 vs iPhone X

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja memperkenalkan iPhone X yang disebut-sebut sebagai penanda kiprah iPhone selama satu dekade terakhir. Perusahaan asal Cupertino itu pun menyematkan sejumlah fitur andalan di smartphone ini.

Salah satunya adalah dukungan dual optical image stabilization (OIS) di kedua lensa utamanya, yang masing-masing berfungsi sebagai lensa wide angle dengan bukaan f/1.8 dan tele dengan bukaan f/2.4. 

Sistem serupa sebenarnya sudah digunakan Samsung Galaxy Note 8. Kamera utama perangkat ini terdiri dari satu lensa wide bukaan f/1.7 dan lensa tele bukaan f/2.4. Lantas, bagaimana dengan kemampuan kamera antara dua produk andalan tersebut?

Di atas kertas, kedua kamera sebenarnya memiliki kemampuan yang tak berbeda jauh mengingat spesifikasi bukaan yang diusung masing-masing lensa. Baik iPhone X dan Galaxy Note 8 juga sudah mendukung kemampuan optical dan digital zoom.

Kamera iPhone X memiliki kemampuan digital zoom hingga 10x untuk foto dan 6x untuk video. Sementara Note 8 mampu melakukan optical zoom 2x dan digital zoom 10x. Berbekal kemampuan tersebut, kedua kamera dapat mengambil gambar dari jarak jauh

Lalu, untuk kebutuhan pengambilan gambar dengan modus portrait, keduanya juga sudah melakukan hal tersebut. Samsung menyebut kemampuan ini sebagai Live Focus, sedangkan Apple memanggilnya sebagai Portrait Mode.

Kemampuan ini memungkinkan pengguna mengambil gambar objek dengan efek depth-of-field atau yang biasa disebut sebagai efek bokeh dengan latar belakang yang buram.

1 dari 2 halaman

Fitur Pengatur Pencahayaan

Khusus untuk Galaxy Note 8, Samsung memungkinkan pengguna mengatur tingkat blur atau fokus di belakang objek seperti cara kerja kamera DSLR.

Adapun Apple membenamkan kemampuan Portrait Lighting yang memungkinkan pengguna mengatur pencahayaan. Fitur ini mengombinasikan software dan kemampuan hardware, termasuk pemetaan wajah untuk menciptakan beragam efek.

Melihat kemampuan dan spesifikasi yang diusung, kedua perangkat sebenarnya memiliki kemampuan yang hampir setara. Akan tetapi, dibutuhkan pengujian lebih lanjut untuk mengetahui kemampuan masing-masing perangkat.

Nah, bagaimana menurutmu? Perangkat mana yang memiliki kemampuan lebih baik di antara Galaxy Note 8 dan iPhone X? Berikan tanggapanmu pada kolom komentar di bawah ini.

(Dam/Isk)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini: 

 

Artikel Selanjutnya
Teaser Galaxy C8 Ungkap Kehadiran Dual Kamera Belakang
Artikel Selanjutnya
Samsung Resmi Umumkan Galaxy J7+ dengan Kamera Ganda