Sukses

Fitur Pesan Tiket Kereta Api Segera Hadir di Aplikasi Bukalapak

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak akan segera merilis fitur baru di aplikasi mobile-nya. Fitur baru yang dimaksud adalah fitur pembelian tiket kereta api. Selama ini, Bukalapak sudah memiliki fitur tersebut, tetapi pembelian tiket kereta api baru bisa dilakukan melalui situs web.

VP of Engineering Bukalapak Ibrahim Arief mengatakan sebetulnya fitur tersebut sudah siap untuk digunakan, hanya saja pihak Bukalapak masih melakukan penyempurnaan agar fitur ini berfungsi dengan baik.

"Kalau aplikasi mobile Bukalapak diperbarui atau baru diinstal, fitur itu sudah ada, tapi belum bisa dipakai. Nanti begitu fitur ini dirilis, engineer kami akan aktifkan dari jarak jauh sehingga pengguna bisa mengakses fitur pemesanan tiket kereta api secara mobile," kata Ibam, sapaan akrab Ibrahim kepada Tekno Liputan6.com, Selasa (12/9/2017).

Karena secara pengembangan sudah siap, Ibam memperkirakan fitur baru pada aplikasi Bukalapak ini bisa digunakan bulan ini. Ibam mengatakan, tujuan Bukalapak menghadirkan fitur pemesanan tiket kereta api di aplikasi mobile adalah untuk memudahkan pengguna.

"Sekarang pengguna Bukalapak lebih banyak mengakses secara mobile melalui aplikasi. Kami ingin saat mereka sedang tidak di depan komputer dan hendak memesan tiket kereta bisa langsung melalui aplikasi," kata Ibam.

Dia juga mengatakan, saat ini Bukalapak menjalankan pemrograman mobile first, tim developer berupaya untuk mengembangkan fitur-fitur Bukalapak agar selain ada di website juga bisa diakses melalui aplikasi. Selain fitur pemesanan tiket kereta api, Bukalapak juga akan membawa sejumlah fitur lain seperti BukaReksa dan BukaEmas ke aplikasi.

Terus Tingkatkan Aplikasi

Selain menghadirkan fitur-fitur baru pada aplikasi smartphone, tim engineering Bukalapak juga terus mengembangkan agar pengalaman mobile Bukalapak makin baik dan membuat angka transaksi pengguna terus meningkat.

Salah satunya adalah melalui penambahan jumlah tim. Mobile Apps Developer Lead Bukalapak Hasanul Hakim mengatakan, saat ini tim mobile development Bukalapak sudah mencapai 60 orang. Bahkan, perusahaan yang dipimpin Achmad Zaky cs ini berencana untuk menambah jumlah developer mereka hingga 20 orang lagi dalam waktu secepatnya.

Pengembangan aplikasi mobile dimaksudkan agar pengalaman pengguna selama mengakses aplikasi mobile Bukalapak menjadi lebih baik. Dengan begitu, jumlah transaksi pun diharapkan meningkat hingga beberapa kali lipat dibanding sebelumnya.

Sekadar diketahui, saat ini aplikasi Bukalapak di Android terpasang di 13 juta perangkat. Sementara aplikasi Bukalapak di iOs dipasang di lebih dari 700 ribu perangkat.

Pengembangan aplikasi mobile Bukalapak pun membuahkan hasil yang cukup memuaskan, salah satunya, saat ini aplikasi Bukalapak menjadi aplikasi e-commerce lokal dengan rating terbaik di Google Play Store. Rating aplikasi Bukalapak di toko aplikasi Google itu kini 4,5 bintang dan terus mengalami peningkatan tiap waktunya mendekati rating sempurna (5).

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Fitur Baru Google Maps Mudahkan Pengguna Cari Lokasi Parkir
Artikel Selanjutnya
Video Preview Nongol dalam Hasil Pencarian Google di Android