Sukses

Perlukah Kamu Beralih dari iPhone 7 ke iPhone 8?

Liputan6.com, Jakarta - Apple resmi memperkenalkan tiga varian iPhone terbaru, yaitu iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Dalam presentasinya di Apple Park Campus, Cupertino, California, Amerika Serikat (AS), raksasa teknologi itu menjelaskan kelebihan tiap iPhone.

Meskipun iPhone X sukses mencuri perhatian dunia dengan fitur dan desain baru, ada topik yang tidak kalah menarik. Hal itu adalah kemiripan dari model iPhone 7 dengan iPhone 8. Seperti yang diketahui, Apple menghadirkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Dua varian ini mematahkan rumor yang mengatakan bahwa seri ini bernama iPhone 7s dan 7s Plus. Dengan hadirnya duo iPhone 8, apakah pengguna iPhone 7 dan 7 Plus perlu beralih?

Jika diperhatikan dengan saksama, desain iPhone 8 menyerupai iPhone 7. Bentang layar keduanya pun sama, yaitu 4,7 inci dan 5,5 inci. Bahkan dari segi spesifikasi, tidak ada perubahan yang berarti. iPhone 7 dan iPhone 8 disematkan RAM 2GB, sedangkan versi Plus-nya disematkan RAM 3GB.

Dikutip dari LifeHacker, Rabu (13/9/2017), yang membedakan antara iPhone 7 dan iPhone 8 terdapat di prosesor. Seperti yang diketahui, iPhone 7 dipersenjatai A10 Fusion Chip, sedangkan iPhone 8 mengusung A11 Bionic Chip. Jika dibandingkan, performa iPhone 8 hanya 25 persen lebih cepat dibanding iPhone 7.

Faktor pembeda lainnya adalah bahan yang digunakan. iPhone 7 menggunakan bahan aluminium, sedangkan iPhone 8 menyematkan bahan kaca. Memori internal iPhone 8 juga lebih lega dengan varian 64GB dan 256GB.

Selain itu, tambahan fitur seperti true tone display, neuric engine, dan wireless charging menjadi nilai lebih iPhone 8. Namun, sejumlah fitur kecil ini harus ditebus seharga US$ 699 atau sekitar Rp 9,2 juta di iPhone 8.

Jika kamu pengguna iPhone 7 yang selalu ingin up-to-date, iPhone 8 mungkin cocok buat kamu. Namun, bagi kamu yang tidak terlalu membutuhkan fitur kecil ini, ada baiknya membeli iPhone X atau bahkan menunggu seri iPhone selanjutnya.

(Theofilus Ifan Sucipto/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia di Balik Undangan Peluncuran Produk iPhone