Sukses

Hands-On iPhone X, Smartphone Pertama Apple dengan Panel OLED

Liputan6.com, Jakarta - Apple akhirnya mengumumkan iPhone X dalam sebuah acara yang digelar di Steve Jobs Theatre, Apple Park, Amerika Serikat (AS), pada Selasa (12/9/2017). Kehadiran smartphone ini telah menjadi buah bibir sejak beberapa bulan lalu.

Dibandingkan iPhone 8 dan 8 Plus, selama beberapa bulan ini iPhone X yang paling menyedot perhatian. Pasalnya, smartphone ini memiliki desain yang sangat berbeda dari jajaran seri iPhone lain selama 10 tahun terakhir.

Setelah diumumkan, iPhone X pun ramai dibicarakan terutama harga jualnya dinilai mahal, yaitu mulai dari US$ 999 atau setara Rp 13 juta (asumsi kurs Rp 12.997 per US$ 1). Harga tersebut membuatnya sebagai iPhone paling mahal.

Lalu pantaskah iPhone X dibanderol dengan harga yang cukup tinggi? Untuk mempertimbangkan jawabannya, mungkin kita bisa melihat sekilas hands-on review yang Tekno Liputan6.com rangkum dari sejumlah sumber.

Desain

Harga jual iPhone X merupakan salah satu hal yang paling banyak dibicarakan. Meski mahal, situs web The Verge menilai harga tersebut terasa pantas jika melihat semua hal yang disuguhkan iPhone X.

iPhone X (Foto: Apple)

iPhone X dinilai sebagai perangkat yang indah dengan band stainless steel dan lapisan kaca yang membalut smartphone tersebut. iPhone X meluncur dengan layar berukuran 5,8 inci, tanpa ada satu pun tombol fisik di bagian depan. Pujian juga disampaikan oleh Tech Radar, yang menilai iPhone X sebagai smartphone Apple dengan tampilan terbaik.

Selain itu, portal Digital Trends juga menilai iPhone X terasa nyaman digenggam dengan desain ramping dan terlihat indah. Adapun ukuran layarnya memang lebih besar daripada versi iPhone Plus, tapi dengan bodi jauh lebih kecil. Selain itu, smartphone ini memiliki bezel yang sangat tipis.

Apple menyebut iPhone X dilengkapi Super Retina Display dengan resolusi layar 1.125 x 2.436 piksel, yang membuatnya menjadi layar dengan kepadatan piksel tertinggi dari semua seri iPhone. Super Retina Display itu membuat iPhone X terlihat sangat tajam, seperti yang diharapkan dari sebuah layar OLED.

Bentuk layar sekaligus membuat desain iPhone X menjadi sangat berbeda dan memberikan rasa baru, terutama karena tidak adanya tombol "Home" fisik seperti pada seri terdahulu. Namun, Apple melakukan banyak hal untuk membuat iOS terasa natural tanpa tombol "Home". Artinya, pengguna iPhone sebelumnya tidak akan terasa canggung saat menggunakan smartphone baru ini.

1 dari 2 halaman

Fitur Unggulan hingga Kamera

Fitur Unggulan

Dari sekian banyak fitur yang dimiliki iPhone X, Face ID mendapatkan perhatian paling besar. Fitur ini bekerja karena sistem kamera TrueDepth yang terletak di layar bagian atas, memiliki banyak sensor termasuk kamera IR dan sebuah proyektor yang menghasilkan 30.000 titik inframerah pada wajah pengguna.

Fitur Face ID menggentikan Touch ID (Foto: Apple)

Sistem tersebut dapat membaca wajah, kemudian mencocokkannya dengan gambar yang tersimpan di dalam ponsel menggunakan prosesor neural network, dan membuka kunci ponsel. Menurut Apple, Face ID tidak akan bekerja jika pengguna tidak fokus. Jadi, pastikan mata Anda terbuka ketika ingin membuka kunci iPhone X dengan Face ID.

Apple menjelaskan, sistem tersebut mempelajari wajah pengguna, bahkan ketika menggunakan kacamata, topi, atau gaya rambut yang berubah. Hal terpenting, sistem Face ID dipastikan tidak akan terkecoh dengan foto. Dari penjelasannya, sistem Face ID dinilai lebih baik daripada fitur serupa yang ada pada smartphone lain.

Kamera hingga Emoji

Hal menarik lainnya adalah sistem kamera depan, termasuk emoji animasi baru yang bereaksi sesuai gerakan wajah pengguna. Fitur emoji animasi ini dinilai sangat menyenangkan.

Selain itu, Portrait Mode dan efek Portrait Lightning kini juga tersedia untuk kamera depan. Para penggemar selfie kemungkinan akan jatuh hati dengan kamera depan iPhone X. Namun, kualitas kamera belakangnya tak bisa diabaikan.

iPhone X memiliki dua kamera belakang dengan resolusi 12MP, yang masing-masing berfungsi untuk wide-angle dan telephoto. Keduanya juga sudah dilengkapi Optical Image Stabilization (OIS).

Fitur lain yang bisa dijadikan pertimbangan untuk membeli iPhone X adalah ketahanan terhadap air dan debu, serta wireless charging.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Artikel Selanjutnya
Huawei Rilis Teaser Tanggal Pengumuman Mate 10
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia di Balik Undangan Peluncuran Produk iPhone