Sukses

Membandingkan iPhone X, 8, dan 8 Plus

Liputan6.com, Cupertino - Apple secara resmi mengumumkan sejumlah perangkat terbarunya pada gelaran bertajuk Apple Special Event yang dihelat di Steve Jobs Theater, Cupertino, Amerika Serikat, Selasa pagi (12/9/2017) waktu setempat. Tiga di antaranya merupakan seri iPhone terbaru: iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Secara garis besar, trio iPhone terbaru ini tentu hadir dengan fitur dan kemampuan yang lebih baik ketimbang seri pendahulunya.

iPhone 8 dan 8 Plus, bisa dibilang adalah penerus dari iPhone 7 dan 7 Plus. Tak ada perbedaan yang mencolok kecuali perombakan material kaca dan stainless steel, serta penyegaran dapur pacu yang lebih gesit.

Adapun iPhone X adalah iPhone yang didapuk menjadi seri paling "premium" yang juga khusus dihadirkan dalam rangka memperingati 10 tahun iPhone.

Apple mengklaim, iPhone X adalah iPhone pertama yang hadir dengan layar nyaris tanpa bezel dan berpanel OLED. Smartphone ini pun menjadi iPhone pertama yang juga memperkenalkan fitur pemindaian wajah Face ID, berbasis teknologi face recognition.

Nah, apa perbedaan ketiga iPhone teranyar ini? Adakah keunggulan spesifik yang patut dijadikan daya jual? Berikut ulasan lengkapnya.

iPhone 8

iPhone 8 mengusung layar dan dimensi sama dengan iPhone 7. Layarnya bisa dibilang cukup kecil, yakni 4,7 inci dengan panel LED-backlit IPS LCD (resolusi layar: 750 x 1334 piksel). Dimensinya berkisar 138,4 x 67,3 x 7,3 mm. Bobotnya juga paling ringan di antara iPhone 8 Plus dan iPhone X.

Jika mau ditarik perbedaan yang membuatnya mencolok dengan iPhone 7, bisa diambil dari material yang membalut bodinya. Ya, iPhone 8 mengusung material yang sama dengan iPhone 4, yakni stainless steel yang melapisi pinggiran serta kaca untuk bagian belakang kovernya.

Urusan kamera, iPhone 8 ditopang kamera utama di mana lensanya sama dengan iPhone 7. Kamera utamanya memiliki resolusi 12MP, dengan autofokus bukaan f/1,8. Fitur lainnya seperti Optical Image Stabilization (OIS), serta Flash Dual Tone Quad-LED.

Kamera depan bisa merekam video dalam dua jenis resolusi: 2160p dengan framerate 30/60 fps (frame per second) dan 1080p dengan framerate 30/60 fps. Sementara, kamera depannya juga masih beresolusi 7MP dengan bukaan f/2.2 dan mampu merekam video 1080p.

Dapur pacu smartphone ini bisa dibilang juga menjadi salah satu faktor yang membedakan dengan iPhone 7. Tercatat, iPhone 8 dipersenjatai dengan prosesor terbaru besutan Apple, A11 Bionic Hexa-core dan kartu grafis yang dibesut Apple, RAM 2GB, dan hanya akan tersedia dalam dua varian memori internal: 64GB dan 256GB. iPhone 8 juga sudah berjalan dengan iOS 11.

Kapasitas dayanya sendiri akan diperkuat baterai Li-lon 1.960mAh, sedangkan metode pengisian bisa menggunakan alternatif nirkabel. Jadi, lubang port charging bisa digunakan untuk menggunakan earphone, mengingat iPhone 8 hadir tanpa lubang jack audio earphone 3,5mm.

iPhone 8 akan dijual lebih dulu di wilayah Amerika Serikat (AS) dengan banderol mulai US$ 699 atau setara dengan Rp 9,2 juta.

 

 

1 dari 3 halaman

iPhone 8 Plus

Sama halnya seperti iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus adalah varian iPhone 8 dengan bodi dan baterai yang lebih besar.

Karena mengusung postur jumbo, tentu iPhone 8 Plus lebih berat dibanding iPhone 8 dan iPhone X. Bobotnya 202 gram, dengan dimensi 158,4 x 78,1 x 7,5 mm, dan layar 5,5 inci berpanel LED-backlit IPS LCD (resolusi layar: 1920 x 1080 piksel). Materialnya pun sama dengan iPhone 8, berbalut stainless steel dan kaca yang membuatnya kian menawan.

Kamera utama iPhone 8 Plus tentunya lebih baik dari iPhone 8. Resolusinya masih sama, 12MP, tetapi dilengkapi dengan dua jenis lensa di mana masing-masing konfigurasinya berbeda.

Satu lensa OIS 28mm dengan bukaan f/1.8, dan yang satunya lagi 56mm dengan bukaan f/2,8. Handset ini pun memiliki fitur 2x Optical Zoom dan Flash Dual Tone Quad-LED.

Kemampuan perekaman video juga tersedia dalam dua pilihan resolusi: 1080p dengan framerate 30/60/120/240fps dan 2160p dengan framerate 24/30/60fps.

Kamera depan iPhone 8 Plus, sayangnya sama persis dengan iPhone 8. Memiliki kamera depan 7MP dengan bukaan f/2,2 dan bisa merekam video dalam resolusi 1080p.

Sementara, dapur pacu iPhone 8 Plus sama dengan iPhone 8. Prosesornya masih Apple A11 Bionic Hexa-core, kartu grafisnya juga sama dengan iPhone 8, dan sudah berjalan dengan iOS 11. Hanya, bedanya RAM iPhone 8 Plus sudah 3GB. Kapasitas daya pun lebih besar, yakni dengan baterai Li-lon 2.900mAh.

iPhone 8 Plus tersedia dalam dua varian memori internal: 64GB dan 256GB. Dibanderol mulai US$ 799 (Rp 10,5 jutaan).

 

2 dari 3 halaman

iPhone X

Seperti yang sudah dijelaskan, iPhone X adalah seri paling premiun dan mengusung sejumlah penyegaran baik pada fitur dan desain.

iPhone X hadir dengan teknologi Super Retina untuk layar smartphone berdiagonal 5,8 inci dengan konsep desain layar OLED berbingkai tipis. Bobotnya 174 gram, dengan dimensi 143,6 x 70,9 x 7,7 mm.

Dalam hal kemampuan hardware, iPhone X dipersenjatai chip A11 Bionic berbasis Neural Engine yang diklaim memiliki kemampuan lebih baik dari generasi sebelumnya. iPhone X punya RAM sama dengan iPhone 8 Plus, yakni 3GB. iPhone X juga sudah berjalan dengan iOS 11 dan mengusung metode pengisian daya nirkabel.

Mengingat hadir dengan desain nyaris tanpa bingkai, tombol Home pun absen di perangkat anyar ini. Karena itu, Apple mengubah navigasi di iPhone X dengan lebih banyak memanfaatkan sapuan di layar.

"Untuk membuka perangkat, kamu cukup mengusap layar ke atas. Begitu pula saat ingin berganti aplikasi, kamu cukup mengusap layar ke atas dan tampilan akan kembali ke halaman depan," ujar Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller saat peluncuran iPhone X.

Adapun untuk keperluan fotografi, iPhone X mengandalkan dua lensa pada kamera utamanya yang disusun secara vertikal. Kedua lensa di kamera utamanya beresolusi 12MP dan masing-masing sudah dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS).

Kamera depannya memang masih 7MP, tetapi sudah dilengkapi teknologi TrueDepth sehingga bisa menciptakan efek bokeh.

iPhone X akan tersedia dalam dua varian memori internal: 64GB dan 256GB mulai dari US$ 999 (Rp 13 jutaan).

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Inspirato Bersama 3 Tokoh Inspiratif Indonesia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut
Artikel Selanjutnya
Meluncur 12 September, Berapa Harga iPhone 8?