Sukses

Mengoprek WiFi Router Berteknologi Seamless Roaming dan MU-MIMO

Liputan6.com, Jakarta - Saat terhubung ke jaringan WiFi, tentunya kamu ingin koneksinya selalu lancar tanpa putus, terlebih saat berpindah-pindah lantai atau dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Hal ini dimungkinkan berkat teknologi seamless roaming yang ada pada WiFi router, fitur yang menjamin koneksi tetap stabil meskipun berpindah-pindah tempat.

Salah satu WiFi router yang memiliki teknologi tersebut adalah Linksys EA7500 Max Stream AC1900+ MU-MIMO. Sesuai namanya, perangkat ini juga dibekali fitur Multi User, Multiple Input Multiple Output (MU-MIMO).

"Seamless roaming berfungsi untuk rumah atau bangunan yang memiliki beberapa lantai. Ketika pengguna berpindah tempat dari ruangan satu ke ruangan lainnya, nggak perlu koneksi ulang lagi. Sementara MU-MIMO memungkinkan WiFi router untuk menebarkan koneksi data secara merata ke sejumlah perangkat dalam waktu bersamaan," kata Teguh Prasetyo Mulyo, Product Support Specialist Belkin Indonesia, Rabu (13/9/2017) di kantor Belkin Indonesia, Jakarta.

Teguh menjelaskan, MU-MIMO berbeda dengan teknologi sebelumnya yaitu Single User, Multiple Input Multiple Output (SU-MIMO), di mana teknologi lawas tersebut hanya bisa mengirimkan koneksi data ke perangkat secara bergantian pada waktu tertentu.

"Makanya jangan heran bila saat smartphone terhubung ke WiFi router (yang berteknologi SU-MIMO), koneksi data yang diterima nggak stabil. Terkadang cepat dan juga lemot," pungkasnya.

Tak cukup sampai di situ, Linksys EA7500 Max Stream juga sudah berstandar AC, yang mana sudah beroperasi sesuai standar 802.11ac. WiFi router berstandar AC kompatibel dengan bandwidth besar hingga 80MHz-160MHz di frekuensi 5GHz.

 

1 dari 3 halaman

Desain dan Konektivitas

Perangkat yang dikemas dengan material plastik matt-black berdesain curved ini terlihat simpel dan clean, di mana tidak ada soket atau port USB di bagian depan. Semua konektivitas--termasuk empat port gigabit Ethernet LAN, USB 2.0, USB 3.0, dan eSATA--semua terletak di belakang bodi perangkat.

Di dalamnya tertanam prosesor dual-core 1.4GHz, yang memungkinkan router untuk menghantarkan Wi-Fi AC1900 melalui tiga antena. AC1900 yang berarti menawarkan kecepatan hingga 1300Mbps pada frekuensi 5GHz dan 600Mbps pada 2.4GHz di saat bersamaan.

Proses set-up Linksys EA7500 pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyambungkan koneksi internet dan kunjungi http://LinksysSmartWiFi.com atau 192.168.1.1 via browser. Kemudian, kamu akan dibawa ke proses set-up otomatis. Langkah ini mengharuskan kamu memasukkan alamat email untuk membuat akun.

 

2 dari 3 halaman

Fitur Andalan

Linksys Smart WiFi juga bisa kamu akses via perangkat mobile, yang bisa kamu unduh dan install secara gratis di Google Play Store atau Apple App Store. Ini adalah solusi cloud, yang memungkinkan kamu mengakses atau memantau router dari luar rumah.

Linksys Smart WiFi dilengkapi fitur Parental Control yang bisa memblokir maksimal 10 domain (per perangkat) dan mengontrol akses internet anak. Juga dilengkapi fitur Network Map untuk mengecek sejumlah perangkat yang terhubung.

Ditambah Guess Access untuk membuat jaringan tamu (terpisah dari jaringan utama) atau membatasi pengguna yang terhubung. Dan yang tak kalah menarik adalah fasilitas External Storage, memungkinkan kamu mencolokkan flashdisk atau hard disk eksternal (hingga 4TB) ke port USB yang tertanam di belakang bodi perangkat.

Dengan fasilitas ini kamu bisa streaming video yang tersimpan di storage tambahan (flashdisk atau hard disk) ke beberapa perangkat secara bersamaan.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Peneliti Kembangkan Teknologi WiFi 300 Kali Lebih Cepat
Artikel Selanjutnya
Samsung Resmi Umumkan Galaxy J7+ dengan Kamera Ganda