Sukses

Kumpulan Potret Menawan Planet Saturnus yang Bikin Terpana

Liputan6.com, California - Pesawat eksplorasi Planet Saturnus, Cassini, akan mengakhiri 'masa hidupnya' dalam waktu dekat. Karena tugasnya sudah selesai, ia akan terjun ke Saturnus dan meledakan diri di dalam atmosfer planet.

Diketahui, pesawat milik NASA ini butuh waktu tujuh tahun untuk mengarungi Tata Surya dan pada akhirnya bisa mencapai orbit Saturnus dalam jarak 2,2 miliar mil.

Sejak Cassini berada di orbit planet cincin pada 2004, ia sudah mengambil foto-foto Saturnus dengan indah. Tak cuma Saturnus, Cassini juga mengabadikan bulan-bulan yang mengelilinginya.

Cassini sendiri sudah memulai orbit terakhirnya sejak Sabtu, 9 September 2017 dan diprediksi terjun ke planet cincin pada pekan ini.

Cassini sendiri diketahui telah mengorbit si Planet Cincin selama 13 tahun lamanya. Dalam rangka 'merayakan' akhir masa tugas Cassini, NASA juga merilis video terbaru yang memperlihatkan hari-hari terakhir pesawat itu.

Secara keseluruhan, video mengulas pencapaian besar Cassini hingga masa akhir pesawat yang disebut NASA dengan istilah "Grand Finale".

Sebelum mendekati atmosfer planet, Cassini sendiri sudah melewati bulan Saturnus, Titan, pada April 2017. Fase ini dinilai memiliki risiko cukup berbahaya.

Pasalnya, Cassini harus bergerak cepat di antara atmosfer cincin dan Planet Saturnus demi mengumpulkan data penting terkait berapa usia cincin dan komposisi dari atmosfer planet.

"Meski ini merupakan tugas terakhir Cassini, kami anggap ini sebagai misi baru," kata kepala ilmuwan Cassini di NASA Jet Propulsion Laboratory Linda Spilker.

"Kami menerbangkan sebuah pesawat eksplorasi ke tempat yang belum pernah dijamah. Ketika ia terbang ke tempat yang baru, sudah jadi kewajiban baginya untuk menemukan hal yang menakjubkan," ia melanjutkan.

Puncak eksplorasi Cassini sudah terjadi pada 29 November 2016. Ia mengorbit sebuah wilayah yang disebut "F-Ring" usai mengorbit Saturnus sebanyak 22 kali pada saat itu.

Nah, dalam rangka menyambut 'akhir hayat' Cassini, Tekno Liputan6.com akan menghadirkan deretan foto-foto tercantik Saturnus yang pernah dibidik Cassini. Foto-foto ini diambil saat Cassini dalam berada perjalanannya menuju planet.

Bersiaplah menyambut rangkaian foto dramatis yang akan membuatmu terpana akan kecantikan dan begitu misteriusnya Saturnus.

Potret Encelandus, bulan Saturnus memiliki kandungan es.

Heksagon di kutub utara Saturnus berwarna keemasan pada September 2016.

Dua bulan kecil terlihat di Cincin Saturnus.

Penampakan cincin planet Saturnus yang membengkok.

Penampakan Kutub Utara Saturnus.

 

1 dari 2 halaman

Potret Bidikan Cassini Selanjutnya

Bulan Terbesar di Saturnus, diprediksi bisa dijadikan 'rumah' bagi manusia.

Foto-foto cincin Saturnus yang diambil Cassini.

Saat Cassini memotret Bumi dari Saturnus, titik kecil itulah Bumi.

Pan, bulan Saturnus yang mirip cemilan Italia.

Titan, bulan Planet Saturnus.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Wujudkan Kepribadian Gaya Anda Lewat Paduan Scarf yang Tepat
Artikel Selanjutnya
Top 3: Kemukus Saat Soekarno Lahir, Latte Art ala Barista Tampan