Sukses

Android atau iOS, Mana yang Lebih Rentan Bermasalah?

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja mengumumkan kehadiran dua lini smartphone terbaru, yaitu iPhone 8 dan iPhone X (iPhone ten). Hal ini memanaskan persaingan antara Apple dan Google, tidak hanya dari varian tapi juga performa.

Salah satu perusahaan analis perangkat mobile, Blancco Technology Group, melakukan sebuah studi yang cukup menarik. Dalam studinya, mereka membandingkan performa iPhone dengan smartphone Android. Hasilnya, Android lebih rentan bermasalah dibandingkan smartphone buatan Apple.

Masalah yang dimaksud adalah kendala saat menggunakan smartphone. Misalnya terjadi crash saat memakai aplikasi, masalah WiFi, malfungsi headset, dan sebagainya. Di kuartal kedua 2017, total masalah yang terjadi terhadap Android mencapai 50 persen, sedangkan iPhone 12 persen.

Dikutip dari BGR, Jumat (15/9/2017), kelemahan Apple adalah seringnya aplikasi yang crash. Frekuensinya mencapai 54 persen, berbanding dengan 50 persen di kuartal pertama. Pihak Blancco percaya hal ini disebabkan seringnya Apple merilis update sistem operasi.

Seperti yang diketahui, Apple sedang menyiapkan iOS 11. Sebelum resmi dirilis, Apple menguji sistem operasinya melalui versi beta. Versi ini belum stabil sehingga aplikasi rentan mengalami crash.

Meski begitu, tingkat masalah smartphone akan naik-turun dari waktu ke waktu. Jika performa iPhone 8 dan iPhone X kurang memuaskan, bukan tidak mungkin tingkat masalah iPhone akan meningkat.

(Theofilus Ifan Sucipto/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Saksikan Inspirato Bersama 3 Tokoh Inspiratif Indonesia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Transfer Data via SHAREit 200 Kali Lebih Cepat dari Bluetooth
Artikel Selanjutnya
187 Ribu Aplikasi iPhone Terancam Tak Bisa Berjalan di iOS 11