Sukses

Android atau iOS, Mana yang Lebih Rentan Bermasalah?

Persaingan antara Apple dan Google semakin memanas dengan kehadiran smartphone premium terbaru untuk masing-masing sistem operasi.

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja mengumumkan kehadiran dua lini smartphone terbaru, yaitu iPhone 8 dan iPhone X (iPhone ten). Hal ini memanaskan persaingan antara Apple dan Google, tidak hanya dari varian tapi juga performa.

Salah satu perusahaan analis perangkat mobile, Blancco Technology Group, melakukan sebuah studi yang cukup menarik. Dalam studinya, mereka membandingkan performa iPhone dengan smartphone Android. Hasilnya, Android lebih rentan bermasalah dibandingkan smartphone buatan Apple.

Masalah yang dimaksud adalah kendala saat menggunakan smartphone. Misalnya terjadi crash saat memakai aplikasi, masalah WiFi, malfungsi headset, dan sebagainya. Di kuartal kedua 2017, total masalah yang terjadi terhadap Android mencapai 50 persen, sedangkan iPhone 12 persen.

Dikutip dari BGR, Jumat (15/9/2017), kelemahan Apple adalah seringnya aplikasi yang crash. Frekuensinya mencapai 54 persen, berbanding dengan 50 persen di kuartal pertama. Pihak Blancco percaya hal ini disebabkan seringnya Apple merilis update sistem operasi.

Seperti yang diketahui, Apple sedang menyiapkan iOS 11. Sebelum resmi dirilis, Apple menguji sistem operasinya melalui versi beta. Versi ini belum stabil sehingga aplikasi rentan mengalami crash.

Meski begitu, tingkat masalah smartphone akan naik-turun dari waktu ke waktu. Jika performa iPhone 8 dan iPhone X kurang memuaskan, bukan tidak mungkin tingkat masalah iPhone akan meningkat.

(Theofilus Ifan Sucipto/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.

    Apple

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Smartphone

  • iOS