Sukses

Dukung Komikus Muda, Datascrip Gelar Kompetisi Komik Nasional

Liputan6.com, Jakarta - PT. Datascrip baru saja mengumumkan ajang kompetisi komik nasional bertajuk ‘Datascrip Creative Comic Competition’. Kompetisi ini digelar atas kerja sama dengan Wacom Indonesia.

Division Director PT Datascrip Merry T. Oetomo mengatakan, kompetisi ini digelar untuk menjaring para komikus muda Indonesia. Karena itu, gelaran ini membuka kesempatan untuk siswa kelas menengah hingga mahasiswa.

“Kami mengajak komikus muda lokal Indonesia untuk mengirimkan karyanya. Kami juga ingin mendukung industri kreatif Tanah Air, khususnya komik. Harapannya, komik lokal dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Adapun kompetisi ini akan digelar mulai 15 September hingga November 2017. Merry berharap kompetisi yang sudah digelar untuk kedua kalinya ini mendapat tanggapan positif dari para komikus muda Indonesia.

“Kompetisi sebelumnya digelar pada 2014. Saat itu, kami mendapat kiriman 500 karya. Harapannya, untuk kompetisi kali ini akan lebih banyak peserta yang mengirimkan karyanya,” ungkapnya.

Mengangkat tema ‘Aku Cinta Indonesia’, peserta bebas untuk memilih genre komik yang ingin diikutsertakan, mulai dari komedi, drama, laga, termasuk mitos/legenda. Komik dapat dibuat secara digital maupun manual dengan kriteria one shot atau harus tamat dalam satu cerita.

“Peserta dapat mengirimkan komik sepanjang 16 hingga 24 halaman, hitam putih atau berwarna, berukuran A4, dan merupakan karya asli atau belum pernah dipublikasikan sebelumnya,” ujar Creative Marketing Datascrip Creative Tablet, Rendy Burhan.

Adapun karya peserta dapat dikirimkan ke alamat PT Datascrip yang berlokasi di Kemayoran. Selain Rendy, juri yang akan menjadi penilai kompetisi adalah Is Yuniarto (komikus), Li Julian (komikus), dan Gita Juwita ( Editor re:ON Comics).

Karya dari pemenang kompetisi di tiap kategori berkesempatan untuk dimuat di re:ON Comics. Tak hanya itu, para pemenang juga mendapatkan tablet dari Wacom yang berbeda seri tergantung kategori. Rencananya, pengumuman pemenang akan dilakukan pada Desember 2017.

(Dam/Isk)

Tonton Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
8 Klub Ikut Liga Basket Putri Srikandi Cup
Artikel Selanjutnya
Piala Perbasi 2017 Digelar November