Sukses

Apple Berbenah, iTunes Tak Lagi Jual Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama setelah memperkenalkan sejumlah perangkat barunya, Apple ternyata turut melakukan pembaruan di lini software. Perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat itu diketahui telah melakukan sejumlah penyesuaian di aplikasi iTunes untuk Windows dan Mac.

Dikutip dari The Verge, Jumat (15/9/2017), kini iTunes tak lagi menjajakan aplikasi untuk iOS. Konten yang ditawarkan iTunes sepenuhnya multimedia, seperti film, serial TV, musik, podcast, dan audiobook.

Adapun perubahan ini dilakukan bersamaan dengan perilisan versi iTunes 12.7 yang baru saja meluncur untuk Windows dan MacOS. Proses sinkronisasi aplikasi dan ringtones untuk iPhone, iPad, atau iPod Touch juga resmi dihilangkan di iTunes.

"Jika sebelumnya kamu memakai iTunes untuk melakukan sinkronisasi aplikasi atau ringtone di iOS, sekarang gunakan App Store baru atau Sound Settings di iOS untuk mengunduh ulang," tulis Apple dalam keterangannya.

Keputusan Apple untuk menghapus aplikasi iOS di iTunes memang sudah ditunggu sejak lama. Banyak pengguna yang mengkritik kehadiran beragam aplikasi di iTunes membuatnya kian sesak.

Apple juga menyederhakan sejumlah fitur di iTunes. Salah satunya adalah konten iTunes U kini diletakkan di bagian Podcats, begitu juga dengan kanal radio internet yang dipindah ke sisi koleksi musik.

Perubahan ini secara tak langsung membuat Apple kian fokus di App Store baru yang hadir di iOS 11. Di sisi lain, penyederhanaan ini dapat membantu software iTunes untuk Windows kian efisien.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
Top 3: Tips Maksimalkan Speaker iPhone Paling Dicari