Sukses

Ini Perbandingan Spesifikasi Nokia 3, 5, dan 6

Liputan6.com, Jakarta - Nokia akhirnya kembali bangkit ke jagat smartphone. Kini, vendor legendaris asal Finlandia tersebut membawa HMD sebagai pemegang lisensi global untuk membesut smartphone Android.

Sebagai debut, trio smartphone Android Nokia akhirnya pun resmi menyambangi Indonesia pada JumatĀ (15/9/2017). Ketiganya tak lain adalah Nokia 3, 5, dan 6. Mereka dilepas ke pasar kelas menengah.

Adapun ketiga smartphone ini hadir dengan tampilan antarmuka Android stock ala Nexus dan Pixel yang membuatnya bekerja lebih halus dan cepat.

Nokia juga mengklaim, baik seri 3, 5, dan 6 akan akan mendapatkan pembaruan keamanan dan sistem operasi secara berkala layaknya perangkat Pixel dan Android One.

Tak cuma itu, desain dari ketiga smartphone ini juga mengusung konsep bodi tahan banting. Mereka memiliki desain dan material yang membuatnya kuat. Bahkan, Nokia sampai menggandeng pabrikan Foxconn untuk menciptakan material aluminium khusus untuk smartphone-nya.

Lalu, apa saja spesifikasi yang membedakan dari masing-masing smartphone ini? Apakah ada keunggulan dan daya jual dari fitur yang ditawarkan? Simak perbandingan Nokia 3, 5, dan 6 berikut ini.

1 dari 4 halaman

Nokia 3

Nokia 3 adalah seri paling 'muda' dibanding Nokia 5 dan 6. Smartphone ini punya bentang layar 5 inci dengan resolusi HD. Layarnya diperkuat Gorilla Glass 2,5D.

Dapur pacu Nokia 3 diperkuat prosesor kelas menengah, yakni quad-core MediaTek MT 6737, RAM 2GB, memori internal 16GB yang disertai slot microSD dan dilengkapiĀ fingerprint.

Ia sudah berjalan dengan sistem operasi Android Nougat, dan dipastikan mendapatkan pembaruan Android Oreo sebelum akhir 2017. Adapun soal kapasitas dayanya diperkuat baterai 2.650 mAh.

Beranjak ke kamera, smartphone ini memiliki kamera utama dan depan dengan resolusi 8MP. Baik bukaan lensanya sama-sama mengusung f/2.0. Untuk kamera utama, dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED flash.

Nokia 3 sendiri akan dilepas ke pasar Indonesia mulai awal Oktober 2017 dengan kalung harga Rp 1,8 juta. Ia tersedia dalam empat pilihan warna: Silver White, Matte Black, Tempered Blue, Copper White.

2 dari 4 halaman

Nokia 5

Nokia 5 adalah saudara 'tengah' dari Nokia 3 dan 6. Spesifikasi yang ia usung pun saklek pada segmen menengah.

Berbeda dengan Nokia 3 yang dibalut material plastik, Nokia 5 justru mengusung desain unibody bermaterial metal. Ia juga sudah dilengkapi fingerprint yang disematkan pada tombol "Home" di bawah layar.

Layarnya 5,2 inci dengan resolusi 720p dan dibekali Gorilla Glass 2,5D. Jeroannya sendiri ditopang prosesor octa-core Snapdragon 430 dan RAM 2GB.

Ia dilengkapi memori internal 16GB dan slot microSD. Sementara, sistem operasinya sudah berjalan dengan sistem operasi Android Nougat dan dipastikan mendapatkan pembaruan Android Oreo sebelum akhir 2017.

Untuk urusan baterai, Nokia 5 mengusung baterai 3.000 mAh. Adapun kameranya naik kelas dari Nokia 3, di mana dilengkapi lensa 13MP untuk kamera utama, 8MP untuk kamera depan.

Nokia 5 akan hadir dalam waktu dekat pada Oktober 2017 dan tersedia dalam empat pilihan warna: Tempered Blue, Silver, Matte Black, Copper. Sayang, Nokia masih merahasiakan harga dan waktunya.

3 dari 4 halaman

Nokia 6

Nokia 6 sendiri mengusung layar 5,5 inci dengan resolusi full HD 1080p yang juga dibalut Gorilla Glass 2,5D.

Dapur pacunya tentu lebih baik dari Nokia 3 dan 5. Ia dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 430, RAM 4GB dan memori internal 64GB. Nokia 6 juga sudah berjalan dengan sistem operasi Android Nougat dan akan mendapatkan Android Oreo sebelum akhir 2017.

Untuk informasi, Nokia 6 diklaim sebagai smartphone yang cocok untuk keperluan entertainment. Ia dilengkapi dual amplifier dan Dolby Atmos yang mampu menghasilkan kualitas suara 6dB lebih keras.

Pada sektor kamera, Nokia 6 punya kamera utama resolusi 16MP serta kamera depan 8MP. Untuk kapasitas daya, seri yang satu ini dibekali baterai 3.000mAh.

Sama halnya seperti Nokia 5, Nokia 6 akan dijual mulai Oktober 2017. Nokia pun tetap merahasiakan waktu penjualan dan harga dari smartphone ini.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi A1
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Pastikan Mi A1 Meluncur di Indonesia, Harganya?